MY 2012 MOVIES GUIDE PART 1

Merencanakan apa yang akan ditonton itu ternyata sebuah aktivitas yang cukup penting bagi saya, karena akan mengurangi waktu yang terbuang percuma oleh film – film yang bukannya menghibur atau inspiratif, justru membuat jengkel. Hal ini saya buktikan sendiri di tahun 2011 ini. Saya menghindari film – film yang berpotensi menjengkelkan saya seperti Transformer 3 atau Breaking Dawn. Dari ratusan judul film yang saya tonton di tahun 2011 ini, sedikit sekali yang membuat hati saya jengkel. Itulah mengapa, seperti tahun kemarin saya kembali menyusun judul film – film yang bakal saya tonton di tahun 2012 nanti.
Untuk tahun 2012, saya mencoba lebih selektif lagi dibandingkan tahun 2011 mengingat kalau semuanya lancar (semoga lancar!), akan hadir keturunan saya di dunia yang harusnya menyita waktu saya lebih dari sebelumnya. Seperti tahun kemarin, panduan nonton ini berdasarkan film – film yang sudah jelas perilisannya, meski ada kemungkinan perubahan tanggal. Film – film yang tayang di festival film beken semacam Berlin, Venice, Sundance dan Cannes, sudah otomatis masuk ke dalam list wajib tonton. Langkah saya ini menjadi sangat penting, ketika di tahun 2012 bumi diramalkan akan menemui kehancuran :D


EXTREMELY LOUD AND INCREDIBLY CLOSE
Filmnya memang rilis akhir 2011, namun dirilis secara luas mulai 20 januari 2012. Kolaborasi Stephen Daldry, Tom Hanks, Sandra Bullock, Viola Davis dan James Gandolfini tampak sangat menjanjikan. Film ini tampaknya bakal memancing rasa haru, apalagi dengan balutan music dari Alexandre Desplat. Naskah film ini diolah oleh Eric Roth yang pernah meraih Oscar lewat Forrest Gump. Munich, Ali, The Insider dan The Curious Case of Benjamin Button merupakan karya Eric Roth lainnya.

MAN ON THE LEDGE
Saya penasaran dengan acting Sam Worthington di film dengan setting yang kekinian. Still photo dari film ini yang beredar menunjukkan Sam Worthington dalam posisi yang tidak mengenakkan. Seperti hendak bunuh diri. Kenapa ya? Rasa penasaran saya makin menguat dengan akan hadirnya Jamie Bell dan Ed Harris. Semoga di 13 Januari 2012 nanti, Sam Worthington tidak nekat loncat ya.

PREMIUM RUSH
Saya tertarik dengan premis ceritanya. Seorang pemuda pengantar pesan dengan bersepeda yang diburu polisi jahat. Saya membayangkan film ini bakal menghadirkan adegan kejar-kejaran yang cukup seru, dan sedikit berbeda dengan adegan kejar-kejaran di film kebanyakan. Ini pakai sepeda gitu lho. Apalagi saya cukup suka dengan aksi sepeda di film ET-nya Spielberg. Barisan cast-nya juga cukup menjanjikan. Ada Joseph Gordon-Levitt yang siap berkonfrontasi dengan Michael Shannon. Film ini bakal diarahkan oleh David Koepp yang pernah menulis naskah untuk film Jurassic Park, Spiderman, Panic Room dan Snake Eyes. Rilis 13 Januari 2012.

HAYWIRE
Bintang-bintang yang dilibatkan dalam film arahan Steven Soderbergh ini sangatlah menggiurkan. Ewan McGregor, Michael Fassbender, Channing Tatum, Michael Angarano, Antonio Banderas dan Michael Douglas! Yang menarik, ditengah barisan actor-aktor keren tersebut, terselip nama Gina Carano. Sosok yang mungkin belum banyak yang kenal ini oleh Steven Soderbergh diberi tanggung jawab besar sebagai pelakon utama yang tampaknya siap bertarung habis-habisan dengan barisan actor di atas. Menarik. Akankah Gina Carano bakal menjelma menjadi pahlawan perempuan baru? Kita tunggu sampai dirilisnya film ini 20 Januari 2012.

THE GREY
Entah apa yang merasuki Liam Neeson, paska larisnya Taken, Liam semakin rajin bermain dalam film-film aksi nan menegangkan. Tahun 2012 bisa jadi salah satu tahun tersibuk bagi Liam Neeson mengingat ada beberapa filmnya yang siap rilis. Salah satunya adalah The Grey. Dalam film yang disutradarai oleh Joe Carnahan ini (the A-Team, Smokin’ Aces), Liam Neeson bakal berjuang sekuat tenaga untuk bertahan hidup dari serbuan serigala ganas di Alaska. Film yang rencananya rilis 27 Januari 2012 ini di produseri oleh Ridley Scott dan Tony Scott lho.

BIG MIRACLE
Lama tidak nonton filmnya Drew Barrymore. Saya terakhir melihat penampilannya di He's Just Not That into You yang disutradarai oleh Ken Kwapis yang juga mengarahkan Big Miracle ini. Isu penyelamatan paus semoga tidak mengikis chemistry Drew Barrymore dengan John Krasinski. Film ini siap rilis 3 Februari 2012.

SAFE HOUSE
Penasaran dengan kolaborasi Denzel Washington dengan Ryan Reynolds. Itu saja. Rilis 10 Februari 2012.

THE VOW
Channing Tatum tampaknya tidak mau kalah dengan Liam Neeson untuk urusan produktifitas. Jadi, jangan bosan kalau misalnya tahun depan ada banyak film yang menghadirkan Channing Tatum. The Vow ini tampaknya bakal mengulang kesuksesan Dear John. Kali ini Channing Tatum menggaet si cantik Rachel McAdams. Film ini tampaknya bakal dikait-kaitkan dengan The Notebook. Premis ceritanya ada kemiripan. Seputar memori cinta gitu. Yang menarik, film ini diarahkan oleh Michael Sucsy yang sebelumnya menuai pujian via Grey Gardens. Tonton saja filmnya 14 Februari 2012 nanti.

THIS MEANS WAR
Entah apa yang ada di benak Tom Hardy, Chris Pine dan Reese Witherspoon ketika menerima tawaran untuk bermain dalam film yang diarahkan oleh McG ini, namun yang pasti saya siap bersenang-senang dengan kisah yang ditawarkan dan siap menikmati visual ceria yang tampaknya bakal ditampilkan dilayar. Dua agen mata-mata memperebutkan satu cinta berpotensi menghadirkan jalinan cerita yang seru. Rilis 17 Februari 2012.

DR. SEUSS’ THE LORAX
Selain The Grinch yang lumayan saya sukai, saya belum begitu mengenal karya-karyanya Dr. Seuss. Saya tertarik dengan warnanya yang sangat memikat mata. Selain itu, naskahnya diolah oleh duo yang sebelumnya menghasilkan salah satu film animasi kesukaan saya, Horton Hears a Who! Pengemar Zac Efron dan Taylor Swift pastinya tidak akan mengacuhkan film ini karena keduanya termasuk yang menyumbangkan suaranya. The Lorax rilis 2 Maret 2012.

JEFF WHO LIVES AT HOME
Cyrus kreasi dari Jay dan Mark Duplass mungkin bukanlah favorit banyak orang, namun film tersebut meninggalkan kesan tersendiri bagi saya berkat kedewasaan kisah dan karakter di dalamnya, selain balutan komedi yang cukup bisa memancing tawa. Kini duo Duplas menggaet Jason Segel dan Ed Helms serta ditopang oleh Susan Sarandon dalam Jeff Who Lives at Home. Saya penasaran dengan serunya gesekan antara Jason Segel dan Ed Helms.

PROJECT X
Ini kayaknya bakal jadi film model Cloverfield atau Paranormal Activity, namun versi dewasa nan gila-gilaan. Yang membuat penasaran, ada nama Todd Phillips dan Joel Silver di posisi produser yang mengindikasikan ini bukanlah proyek ecek-ecek. Pemberian rating R makin membuat saya penasaran. Ehem…..

SALMON FISHING IN THE YEMEN
Siapa yang tidak tergiur dengan film ini, ketika tahu film ini melibatkan nama-nama keren seperti Lasse Hallström, Simon Beaufoy, Emily Blunt, Ewan McGregor, Kristin Scott Thomas dan Dario Marianelli. Pernah mendengar kabar filmnya bakal rilis tahun 2011, namun ternyata baru tanggal 2 Maret 2012 nanti.

PLAYING THE FIELD
Apa jadinya ya Catherine Zeta Jones bertemu dengan Uma Thurman. Dan yang membuat makin penasaran, bagaimana Gerard Butler berinteraksi dengan para bocah dalam film arahan Gabriele Muccino yang sebelumnya cukup sukses dengan Seven Pounds dan The Pursuit of Happyness. Rilis 9 Maret 2012.

THE BEST EXOTIC MARIGOLD HOTEL
Premisnya lumayan menjanjikan. Tentang sekumpulan para orang tua yang berkumpul di India. Saya senantiasa suka dengan film komedi produk Inggris, senantiasa menyelipkan lelucon nyinyir dengan aksen yang menggelitik. Film yang diangkat dari buku berjudul These Foolish Things karangan Deborah Moggach ini disutradarai oleh John Madden yang dulu pernah sukses dengan Shakespeare In Love serta menghadirkan bintang-bintang senior seperti Judi Dench, Bill Nighty, Maggie Smith dan Tom Wilkinson. Biar gak bosan, terselip Dev Patel diantara jajaran bintang senior tadi. Rilis 9 Maret 2012.

THE RAVEN
Kayaknya menjanjikan tontonan yang cukup menegangkan, apalagi sudah lama tidak mengkonsumsi film seputar serial killer. Menarik, ketika mengetahui John Cusack akan berperan sebagai Edgar Allan Poe, sang seniman kondang. Film ini diarahkan oleh James McTeigue (V For Vendetta,& Ninja Assassin) dan bakal rilis pada 9 Maret 2012.

CASA DE MI PADRE
Ok, saya memang salah satu orang yang sering dibuat sebal dengan setiap aksi dari Will Ferrel, namun dengan deskripsi film ini bakal "overly dramatic telenovela" sudah cukup berhasil memancing senyum karena otomatis membayangkan aksi lebay Will Ferrel mendapatkan sarana yang tepat. Dan….film yang diarahkan oleh Matt Piedmont dan bakal rilis 16 Maret 2012 ini bakal mempertemukan lagi Diego Luna dengan Gael Garcia Bernal.

MIRROR MIRROR
Saya tidak akan melewatkan film dari Tarsem Singh!!! Apalagi film ini bakal menghadirkan Julia Roberts, Lily Collins, Armie Hammer, Sean Bean dan Nathan Lane. Rilis 16 Maret 2012.

THE HUNGER GAMES
Tampaknya The Hunger Games merupakan sebuah proyek besar dari Lionsgate demi mengeruk banyak dolar. Tidak tanggung-tanggung, dana $100 juta digelontorkan buat film ini. Jajaran cast-nya cukup melimpah. Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemswort, Donald Sutherland, Elizabeth Banks, Woody Harrelson, Wes Bentley, Stanley Tucci, Lenny Kravitz, Toby Jones dan masih banyak lagi. Musiknya bakal diolah oleh James Newton Howard dan T-Bone Bunnet serta kabarnya bakal menggaet Glen Hansard. Film yang rilis 23 Maret 2012 ini disutradarai oleh Gary Ross (Pleasantville & Seabiscuit)

THE THREE STOOGES
Belum pernah menikmati aksi The Three Stooges sebelumnya, dan mungkin versi terbaru ini bisa menjadi factor pendorong untuk menyukai dan segera menontonnya. Farrely Bersaudara biasanya cukup berhasil mengemas komedi slapstick. Meski ketiga pemeran utamanya masih terasa asing, namun film ini juga didukung oleh nama-nama beken seperti Jane Lynch, Sofia Vergara dan Jennifer Hudson. Aksi Moe, Larry dan Curly bisa dilihat mulai 4 April 2012

AMERICAN REUNION
Akhirnyaaa…Jim dan temen-temennya bakal bertemu lagi! Apapun hasilnya nanti, saya akan tetap menantikan film ini yang bakal menghadirkan semua cast originalnya. Duo penghasil kisah Harold & Kumar (Jon Hurwitz dan Hayden Schlossberg cukup menjanjikan American Reunion bakal memberikan tontonan yang mengocok perut. Jim dan teman – teman bakal reuni di 6 April 2012.

THE COLD LIGHT OF DAY
Henry Cavill tampaknya bakal jadi The Next Big Thing. Setelah digaet Tarsem Singh lewat Immortals, tahun depan Henry Cavill bakal bertransformasi menjadi Man Of Steel. Namun, The Cold Light of Day ini tampaknya sayang juga kalau dilewatkan. Premis ceritanya cukup menarik yang menempatkan tokoh yang diperankan oleh Henry Cavill pada posisi sulit. ApalagiSelain Cavill, disitu ada Bruce Willis dan Sigourney Weaver. Film yang bakal rilis 6 April 2012 ini disutradarai oleh Mabrouk El Mechri (JCVD)

MOVIE 43
Movie 43 ini merupakan antologi yang menghadirkan banyak sutradara dan aktris ternama, yang membuat film ini sayang untuk dilewatkan. Adapun nama – nama tersebut adalah : Elizabeth Banks, Emma Stone, Kristen Bell, Halle Berry, Leslie Bibb, Kate Bosworth, Gerard Butler, Kieran Culkin, Josh Duhamel, Anna Faris, Richard Gere, Hugh Jackman, Johnny Knoxville, Justin Long, Christopher Mintz-Plasse, Chloë Grace Moretz, Liev Schreiber, Tony Shalhoub, Uma Thurman, Naomi Watts, Seann William Scott, Kate Winslet, Jason Sudeikis , Steve Carr, Griffin Dunne, Peter Farrelly, Bob Odenkirk dan Brett Ratner. Semoga hasilnya tidak seperti Valentine’s Day. Movie 43 direncanakan rilis pada 13 April 2012

0 comments:

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST