WILD TALES / RELATOS SALVAJOS : KISAH MANUSIA - MANUSIA BERSUMBU PENDEK ATAU PEJUANG KEADILAN?




Sekumpulan orang naik sebuah pesawat terbang. Dimulai dengan percakapan basa - basi, semua yang berada di dalam pesawat tersebut kemudian menyadari bahwa keberadaan mereka disitu sudah diatur dengan sedemikian rupa oleh orang yang menyimpan dendam. Kesadaran yang terlambat karena pesawat yang mereka tumpangi meluncur ke bawah dengan cepat dan siap menghunjam ke bumi. Di awali dengan kisah yang membuat terpukau dan terpaku, Wild Tales / Relatos Salvajos kemudian menggiring kita untuk fokus menyimak kisah - kisah tentang anak manusia yang tersulut emosi akibat merasa mendapatkan ketidakadilan.
Total ada 6 kisah, dimana masing - masing kisah mempunyai kekuatan masing - masing dan senantiasa diakhiri dengan dentuman keras yang membuat terperangah. Meski sarat dengan kisah kekerasan dan balas dendam, film arahan Damian Szifron menebarkan humor pahit yang tak jarang memancing senyum bahkan tertawa terbahak - bahak sampil bertepuk tangan karena kagum akan kecerdasannya bertutur. Wild Tales memang sengaja menyentil perilaku manusia ketika dihadapkan pada masalah - masalaah yang berada di luar kendalinya. Menertawakan betapa lucunya manusia itu. Ini orang - orang melakukan kekerasan karena mudah terpancing emosi atau karena memang karena memperjuangkan keadilan? Film ini seperti mengingatkan kita pada karikatur - karikatur yang tampil di media cetak yang nyinyirin sesuatu. Cerdas dan bernas.
Dan seperti biasa, ketika dihadapkan pada ragam kisah, mau tidak mau kita digiring untuk memilih mana yang paling favorit. Dan favorit saya adalah segmen "EL MAS FUERTE / THE STRONGEST". Kisah pendek yang sukses membuat saya tertawa terbahak - bahak sekaligus mengelus dada. Dengan gemilang, Szifron berhasil menghadirkan sketsa permusuhan antar anak manusia yang dimulai dari sesuatu yang konyol. Sesuatu yang jamak hadir di dunia ini. Berharap akan ada versi panjang dari segmen ini.
Dan bagian favorit saya lainnya adalah ending dari segmen terakhir, yakni HASTA QUE LA MUERTE NOS SEPARE / UNTIL DEATH DO US APART. Szifron seakan ingin menebarkan pesan "make love, not war", namun dengan cara yang jahil namun semoga bisa tembus ke hati penontonnya. Wild Tales adalah sebuah karya liar yang sangat sayang untuk dilewatkan.

4 comments:

gunawan triantoro mengatakan...

Dari kemarin2 pengen nonton film ini tapi selalu aja ada kendala. Pas baca review ini makin yakin.....harus nonton sekarang. :D

Soeby mengatakan...

@Gunawan : habis itu direviu yah

iza anwar mengatakan...

salam pecinta film.

permisi, saya mau promosi blog review film juga.

[ iza-anwar.blogspot.com ]

mohon tambahkan dalam daftar blog Anda dan follow serta like juga blog saya.

maaf bila review saya masih amatiran dan saya ucapkan terima kasih sebelumnya :).

Puji Raharjo mengatakan...

wild tales memang unik , saya favorit sih segmen 3 ketika berawal dari ledek ledekan di jalanan berakhir tragis hahaha

izin meninggalkan blog saya yah movie addict semua

bestmovierating.blogspot.co.id

review film baru,chart film terbaik-terburuk di periode tahun,film yang akan tayang di bioskop ,,

makasih

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST