MY LOVELY SONG KANG - HO


Beberapa waktu yang lalu Chaebul.com menobatkan Won Bin sebagai aktor Korea terbaik decade ini, namun dimata saya Song Kang-ho lah yang terbaik. Song Kang-ho, actor Korea berusia hampir 44 tahun ini merupakan salah satu actor favorit saya, yang mungkin belum banyak dikenal, kecuali oleh mereka yang benar – benar gila sinema atau pemerhati dunia sinema Korea. Meski baru merintis karir di dunia sinema sekitar tahun 2006, yang berarti saat dia sudah berusia hampir kepala 3, namun film – film yang dia bintangi banyak yang berhasil, baik dari segi komersial maupun dari segi kualitas. Saya sendiri pertama kali mengenalnya lewat film The Host (2006), itupun dengan cibiran karena belum mengenal dirinya. “Ini siapa sih kok dengan wajah seperti itu bisa jadi peran utama film terlaris di Korea?” begitu pandangan saya pada saat itu. Namun pada perkembangannya, saya makin jatuh cinta dengan actor yang satu ini dan selalu berusaha mencari film – film yang dia bintangi. Masih berusaha mencari Shiri dan Joint Security Area.


Dari hasil penelusuran, saya menemukan beberapa hal menarik berkaitan Song Kang-ho yang membuat saya makin kesengsem dengannya. Berikut diantaranya yang saya fokuskan pada filmografinya mulai tahun 2000 :


1. Film – film Song Kang-ho sering berjaya di Box Office Korea.
Joint Security Area (2000) pernah menduduki sebagai film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah perfilman Korea. Shiri yang dirilis setahun sebelumnya, sukses mengalahkan rekor yang ditorehkan Titanic dalam hal penjualan tiket. Memories of Murder (2003) menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton saat dirilis. Puncaknya adalah ketika The Host yang meraih sukses luar biasa dengan ditonton lebih dari 13 juta penonton hanya di dalam negeri hingga dinobatkan sebagai film Korea terlaris sepanjang masa dan belum tergeser hingga tulisan ini dibuat. The Good, the Bad, the Weird berhasil meraup lebih dari $44 juta dalam peredarannya di seluruh dunia. Dalam daftar 25 film Korea terlaris, Song Kang-ho menempatkan 6 judul sekaligus, termasuk Secret Reunion yang menjadi film Korea terlaris di tahun 2010 ini (sampai Oktober 2010).


2. Mantapnya acting Song Kang-ho
Song Kang-ho tidak hanya berjaya dari segi kuantitas, namun dari segi akting pun dia diakui oleh beberapa movie award bergengsi. Dia 4 kali masuk nominasi sebagai Aktor Terbaik dalam Asian Film Award lewat The Host (menang), Tho Good The Bad and The Weird, Secret Sunshine dan Thirst. Meski dalam Secret Sunshine kebintangan Jeon Do-yeon lebih moncer, namun Song Kang-ho berhasil membawa pulang piala dari Palm Springs International Film Festival. Di ajang Grand Bell Awards Song Kang-ho pernah membawa 2 piala lewat Memories of Murder dan Joint Security Area. Sedangkan dalam Blue Dragon Film Awards, Song Kang-ho pernah berjaya lewat The Show Must Go On yang memang menguras semua kemampuannya dalam beracting. Dengan modal wajah yang biasa – biasa saja justru memungkinkan Song Kang-ho berkesempatan mendapatkan aneka peran dari berbagai genre mulai dari drama, komedi, action, horror hingga roman. Keputusannya untuk berani telanjang frontal di Thirst sangatlah mengejutkan saya. .Sukses dari segi kuantitas dan kualitas membuktikan kalau Song Kang-ho adalah actor yang cerdas.


3. Film – film Song Kang-ho sering mampir di Cannes
Mohon dibenarkan kalau saya salah, Song Kang-ho dalam pengamatan saya menjadi aktor yang filmnya paling sering mampir di Cannes di kurun waktu 2000 – 2009, entah sebagai peserta kompetisi ataupun screening khusus. The Host melakukan premiere di Cannes sebelum rilis resmi di Korea, begitupun dengan The Good, the Bad, the Weird dan Memories of Murder. Thirst dan Secret Sunshine adalah dua Song Kang-ho yang ikut berkompetisi di ajang Cannes.
Selain Cannes, film – film Song Kang-ho juga pernah mampir di beberapa ajang film penghargaan film bergengsi seperti Saturn Awards (The Host), Berlin International Film Festival (Joint Security Area) dan Venice International Film Festival (Sympathy for Lady Vengeance).


4. Quentin Tarantino menggemari film – film yang dibintangi Song Kang-ho
Disadari atau tidak, ketika merilis daftar film favorit sejak tahun 1992, Tarantino memasukkan 3 film yang dibintangi oleh Song Kang-ho, yakni Joint Security Area, Memories of Murder dan The Host. Saya sendiri pernah berandai – andai dalam reviu saya, bagaimana reaksi Tarantino seandainya nonton The Good, the Bad, the Weird . Sekarang saya akan berandai – andai, bagaimana ya kalau Tarantino mengajak Song Kang-ho dalam film yang dia garap?


5. Song Kang-ho sering bekerja sama dengan Park Chan-wook
Adalah sebuah keberuntungan luar biasa ketika diajak bekerja sama dengan sutradara hebat seperti Park Chan-wook. Song Kang-ho beruntung karena sering terlibat dalam film – film garapan Park Chan-wook, diantaranya Joint Security Area, Sympathy for Mr. Vengeance, Sympathy for Lady Vengeance dan Thirst. Semoga nanti dia bisa bekerja sama dengan salah satu sutradara Korea yang tak kalah bagus, Kim Ki-Duk.


6. 2 film Song Kang-ho siap dibuat ulang oleh Hollywood
Entah ini kabar buruk atau kabar baik. Ada 2 judul film dari Song Kang-ho yang siap dibuat ulang oleh Hollywood. The Host versi Holly kabarnya sipan tayang tahun 2011 dan diproduseri oleh Gore Verbinski. Menurut kabar yang saya baca, di tahun yang sama katanya bakal dirilis sequel dari The Host, meski ditangani oleh sutrdara yang berbeda dan menghabiskan dana sekitar $12 juta. Sedangkan Sympathy for Mr. Vengeance baru dalam tahap penggodokan dan dari data di IMDB, bakal rilis tahun 2012 (kok sinopsis di IMDB lebih condong ke Sympathy for Lady Vengeance ya?). Semoga hasilnya tidak mengecewakan seperti kebanyakan film Asia yang dibuat ulang oleh Holly.


Itu dulu beberapa hal menarik seputar Song Kang-ho. Kalau ada kesalahan mohon dibenarkan ya. Dan kalau ada informasi terbaru seputar Song Kang-ho, bagi – bagi ke kita ya. Terima kasih

6 comments:

yusahrizal mengatakan...

Beliau termasuk dalam 3 aktor Korea yang jadi favoriteku. Dua yang lainnya Choi Min-sik dan Jang Dong-gun. Kalau Song dan Choi termasuk aktor tanpa wajah cakep shg orang2 lebih melihat aktingnya, Jang Dong-gun kena kutuk dgn wajah gantengnya sehingga orang lebih melihat tampang dari pada aktingnya. Nasib Jang kayak Tony Leung diawal karir (Aktor bagus tapi justru tampang yg diperhatikan). Terakhir aku nonton permainan Song dalam Secret Reunion.

Ngomong2 soal Won Bin, film terakhirnya The Man from Nowhere ternyata bagus dan aktingnya lebih bagus daripada permainannya dlm Taegukgi.

Soeby mengatakan...

Choi Min-sik yang main Oldboi yah? Aku belum banyak liat film - film dia, tapi aksi dia di Oldboi bagus.

Belum pernah liat filmnya Won Bin dan pengen liat The Man from Nowhere.
Warrior's Way nya Jang Dong Gun kayaknya asyik juga

yusahrizal mengatakan...

Iya, dia itu si pria pendendam dari Oldboy. Aku pertama kali liat dia di Shiri, tapi suka Choi sejak nonton Failan. Belum terlalu banyak nonton film dia juga sih, apalagi sejak dia boikot main film gara2 protes.
O iya, barusan nonton I Saw the Devil. Choi mainnya keren! Jadi inget sama Hannibal Lecter-nya Anthony Hopkins.

Kalau liat akting Won Bin dalam The Man from Nowhere, dia emang pantas dapat gelar aktor terbaik tahun 2010. Tapi untuk terbaik abad ini? kayaknya belum layak deh, film2 layar lebarnya terlalu dikit walaupun 4 diantaranya termasuk bagus aktingnya

Aku juga pengen nonton Warrior's Way, tapi aku harap si Jang Dong Gun pulang aja main film Korea dibanding Hollywood. Ntar nasibnya kayak Chow Yuen-fat, kualitas film2 dan aktingnya jadi turun.

Anonim mengatakan...

kalo menurut saya yang terbaik itu ha jung-woo dia adalah sala satu yang konsisten daam memilih peran dan rata rata baik dalam kualitas mulai dari unforgiven,time, breath,the chaser,take of,my dear enemy,sampai yang terbaru yellow sea makin tua makin matang aktingnya

Anonim mengatakan...

klo ga salah choi min sik jg main di film Shiri. di JSA song kang ho main sm Lee Byung Hun. msih cari film memory of murder sm thirst.

Anonim mengatakan...

kalo saya ada 3 aktor korea fav :
1. Choi Min Sik
2. Song Kang Ho
3. Ha Jung Woo

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST