THE BABADOOK : HANTU MASA LALU YANG MENGGEDOR KALBU


Menjadi orang tua tunggal anak usia 6 tahunan tidaklah mudah, apalagi ketika hari kelahiran anak tersebut bertepatan dengan hari kematian pasangannya. Inilah yang dialami oleh Ameilia (Essie Davis). Kentara sekali duka masih menyelimuti hidupnya karena ditinggal mati suaminya. Samuel (Noah Wiseman) sedang dalam masa mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya yang membutuhkan pengawasan dan bimbingan. Terasa berat ketika dia harus bekerja demi bisa bertahan hidup. Di tengah kepenatan hidup yang makin menumpuk, bayangan masa lalu makin merasuk. Hadirlah sosok Pak Babadook yang memaksa masuk.
Sejak Pak Babadook disebut - sebut pertama kali oleh Samuel, dimulailah rentetan teror yang menguji nyali Amelia, Samuel dan penonton. Sutradara Jennifer Kent tidak mencoba menghadirkan horor lewat gempuran adegan mengejutkan. Film ini berhasil sukses mengusik kalbu lewat suara dan situasi yang melingkupi hidup Amelia. Pemilihan warna - warna dan pencahayaan suram berhasil membangun suasana mencekam. Suara Pak Babadook, dentuman benda jatuh atau terhempas, efektif menghadirkan atmosfer horor. Ada juga sedikit kekejaman yang dihadirkan demi memperkuat kehororan dari film ini.
Pada akhirnya, The Babadook bukanlah semata sebuah film horor. Sorotannya pada kondisi kejiwaan Amelia dan Samuel, bisalah membuatnya sebagai sebuah psychological thriller. Setan bernama Pak Babadook bisa kita simpulkan merupakan perwujudan dari peristiwa trutamis yang dialami Amelia di masa lampau yang menggerogoti jiwanya. Bukan sesuatu yang mengejutkan bagi penonton, namun bukan berarti mengurangi keasyikan dalam menonton film ini. Perjuangan Amelia dan Samuel agar tidak "termakan" oleh Pak Babadook seru untuk diikuti. Dan film ini memberikan ending yang adil buat Amelia, Samuel, Pak Babadook dan penonton.
Sebagai sebuah film horor atau psychological thriller, The Babadook bisa dibilang film yang berhasil. Kalau kamu tertarik dengan film model The Babadook ini, bisa juga menonton The Caller (2011) nya Matthew Parkhill atau Intruders yang dibintangi Clive Owen. Keduanya menurut saya juga merupakan film horor yang berhasil. Interstellar itu juga ada unsur yang mirip sama The Babadook ini loh. Hantu bernama masa lalu.

0 comments:

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST