OSCAR 2013 : THE PREDICTIONS


Main tebak – tebakan Oscar itu ternyata masih merupakan aktivitas yang mengasyikkan. Penting tidaknya kegiatan tersebut menjadi tidak penting lagi sepanjang kita masih menikmatinya hehehe… Gak ada bedanya dengan kegiatan memprediksi juara pas gelaran Piala Dunia kok. Seperti tahun sebelumnya, kali ini saya akan main tebak – tebakan pemenang Oscar, baik sebagai cenayang maupun sebagai pemilih. Oscar kali ini lumayan sulit di tebak ya, mengingat banyak sekali kandidat – kandidat yang layak menang. Persaingan sungguh sengit. Jangan heran kalau nanti piala dibagi rata ke hampir semua film. Dan inilah pilihan dan prediksi saya.

Best Visual Effects
Tanpa ragu saya akan menebak dan memilih Life of Pi. Siapa sih yang tidak terkesima dengan tampilan visual film ini. Richard Parker terasa begitu hidup. Dan ganteng :D
Pilihanku : Life of Pi
Tebakanku : Life of Pi

Best Film Editing
Susah ye menebak kategori teknis. Secara saya gak tahu apa – apa juga. Dari beberapa movie award, banyak yang menjagokan Argo. Kategori ini biasanya berkaitan erat dengan film yang bakal memperoleh predikat Film Terbaik. Dan saya masih tidak begitu yakin Argo akan Berjaya, dengan tidak masuknya Ben Affleck di nominasi Sutradara Terbaik. Tapi….ketegangan yang terjaga di menit 30 menit terakhir film Argo itu tentunya terbantu dengan editing yang apik kan?
Pilihanku : Argo
Tebakanku : Lincoln

Best Costume Design
Sangat mengharapkan Eiko Ishioka. Rancangannya di Mirror Mirror sungguh sedap dipandang. Sayang, orangnya sudah meninggal.
Pilihanku : Mirror Mirror
Tebakanku : Mirror Mirror

Best Makeup and Hairstyling
Belum ada yang nonton nih film – film yang masuk kategori ini. Tapi dari foto – fotonya, tatanan make up dan rambut di film Hitchcock ok juga.
Pilihanku : Hitchcock
Tebakanku : Hitchcock

Best Cinematography
Ayolah Oscar, sudah saatnya Roger Deakins naek ke panggung menerima piala. Sentuhannya di Skyfall bagus kaaaan? Kaaaan?
Pilihanku : Skyfall
Tebakanku : Skyfall

Best Production Design
Kategori ini tebak – tebak buah manggis saja yaaaa
Pilihanku : Anna Karenina
Tebakanku : Anna Karenina

Best Sound Mixing
Ngasal juga ah. Kupingku juga gak bagus – bagus amat.
Pilihanku : Life of Pi
Tebakanku : Lincoln

Best Sound Editing
Idem dengan yang diatas.
Pilihanku : Zero Dark Thirty
Tebakanku : Zero Dark Thirty
   
Best Original Song
Pilihanku antara Skyfall dengan Life of Pi. Kalau dari tingkat keseringan putar di hapeku, maka Life of Pi juaranya. Suka banget dengan Pi’s Lullaby yang sangat membuai dan setiap mendengarnya mampu membangkitkan rasa kepengen nonton filmnya lagi.
Pilihanku : Life of Pi
Tebakanku : Life of Pi

Best Original Score
Musik kreasi Mychael Danna terasa nyaman di kuping hingga tidak bosan untuk didengarkan berulang. Yang terpenting, sangat menyatu dengan filmnya.
Pilihanku : Life of Pi
Tebakanku : Life of Pi
  
Best Documentary – Feature
Belum ada yang nontooooon. Biasanya milih berdasarkan judulnya yang paling dramatis :D
Pilihanku : 5 Broken Cameras
Tebakanku : Searching for Sugar Man
   
Best Foreign Language Film
Gak suka Amour sih. Bukan berarti jelek yah. Gak suka aja. Tapi gak mungkin gak menang kan. Wong satu – satunya nominee di kategori ini yang masuk nominasi Best Picture. A Royal Affair kurang begitu mengesankanku. No dan Kon Tiki belum liat. War Witch oke tuh kalau menang. Ya kaleee…
Pilihanku : War Witch
Tebakanku : Amour

Best Animated Feature
Baru liat 2, Brave dan Frankenweenie. Dan lebih menikmati judul yang disebut terakhir.
Pilihanku : Frankenweenie
Tebakanku : Brave
  
Best Writing – Adapted Screenplay
Doooh…suah nih milih untuk kategori ini. Kecuali Lincoln, 4 film lainnya saya suka. Jadi, untuk kategori ini, asal bukan Lincoln ;p
Pilihanku : Silver Linings Playbook
Tebakanku : Argo

Best Writing – Original Screenplay
Untuk kategori ini saya berdoa semoga bukan Django Unchained yang menang. Dengan banyaknya referensi, mana bisa disebut “asli”. Tapi gak heran juga sih kalau Quentin Tarantino yang menang. Kayaknya dia banyak yang suka. Saya terkesan dengan Zero Dark Thirty. Butuh riset cermat tuh. Moonrise Kingdom juga suka. Unik.
Pilihanku : Zero Dark Thirty
Tebakanku : Django Unchained

Best Supporting Actress
Meski banyak yang mengunggulkan, dalam hati saya berdoa semoga Anne Hathaway tidak menang. Alasannya gak penting banget sih. Jadi, saya punya teman yang mengidentikkan dirinya dengan Anne Hathaway. Bikin eneg banget deh. Orangnya gak banget sih :D Apa jadinya kalau Anne Hathaway beneran menang? Saya tidak sanggup menerima terror itu terus – terusan :D
Pilihanku : Jacky Weaver
Tebakanku : Anne Hathaway

Best Supporting Actor
Angin kemenangan menuju ke arah Tommy Lee Jones kayaknya. Saya sih geli setiap melihat tampilannya di film Lincoln. Tata rambutnya unyu sih. Penampilan Christoph Waltz menurut saya tidak jauh – jauh amat dengan penampilannya sebelumnya di Inglorious Basterds. Alan Arkin lumayan lah. Tapi, saya terkesan dengan penampilan Robert De Niro yang bersemangat dan emosional di Silver Linings Playbook. Dah lama juga dia gak masuk bursa Oscar.
Pilihanku : Robert De Niro
Tebakanku : Tommy Lee Jones

Best Actress
Bingung setengah mati untuk kategori ini. Semuanya OK! Tapi saya bakal bahagia sangat kalau yang menang itu antara Watts, Wallis dan Lawrence.
Pilihanku : Jennifer Lawrence
Tebakanku : Jennifer Lawrence

Best Actor
Silver Linings Playbook didukung ensamble cast yang juara banget. Semuanya begitu kuat dan padu. Bradley Cooper berhasil mengejutkan saya dengan kelincahannya mengolah wajah dan tubuh.
Pilihanku : Bradley Cooper
Tebakanku : Daniel Day Lewis

Best Director
Idealnya kategori ini mempengaruhi pemenang Film Terbaik. Aneh banget bagi saya kalau Film nya menang tapi sutradaranya gak menang. Begitupun sebaliknya.
Pilihanku : David O Russel
Tebakanku : Steven Spielberg

Best Picture
Seperti dikemukakan di atas, idealnya film terbaik terkait dengan sutradara terbaik. Saya sebenarnya dilemma besar antara Silver Linings Playbook dengan Life of Pi. Susah untuk memilih keduanya. Kekagumanku akan Life of Pi berkat keindahannya, baik dalam penampakan, maupun dalam bertutur. Sedangkan Silver Linings Playbook karena flm tersebut sangat mudah emosi saya. Hal ini tentunya didukung dengan kekuatan semua elemen. Setelah 2 tahun berturut-turut Oscar meninggalkan USA, mungkin kini saatnya balik kandang. The King’s Speech itu Inggris, The Artist meski kontennya sangat Holly namun itu karya orang Perancis kan. Bagaimana dengan Argo? Film ini sebenarnya sangatlah memamerkan peran Hollywood. Tapi kan diakhir ada Kanada yang mengemuka. *analisanya makin ngaco nih*
Pilihanku : Silver Linings Playbook
Tebakanku : Lincoln

2 comments:

Nugros C mengatakan...

wah Om,kirain tadi ilang blognya,ternyata ganti tampilan tho.. ^^

waduh,kirain pake sistem should/could/will win..iki malah pilhanku -tebakanku, hehe

ikutan ah, yg kategori penting aja

*Best Supporting Actress
pilianku: Anne
tebakanku:Anne

*Best Supporting Actor
pilianku: PSH
tebakanku : Tommy Lee or PSH (susah nih ga ada frontrunner)

*Best Actress
pilianku: Emanuele Riva
tebakanku: Emanuele Riva

*Best Actor
pilianku: Joaquin Phoenix
tebakanku: DDL

*Best Director
pilianku: Ang Lee
tebakanku: Spielberg

*Best Picture
pilianku: Zero Dark 30
tebakanku: Argo

Soeby mengatakan...

setelah Oscar, blog ini akan ganti nama. Tunggu saja :D

Aku juga senang banget loh kalo Ang Lee dapat sutradara terbaik. Bingung antara dia dan russel

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST