MOVIEVORA IN 2013 : 40 FILM MENGESANKAN


Kenapa sebuah film itu mengesankan? Akan ada berjuta alasan yang muncul dan masing – masing orang akan berbeda jawabannya. Dan seperti halnya tahun – tahun sebelumnya, saya kembali hadir dengan daftar tahunan, yakni daftar film yang berhasil meninggalkan kesan mendalam bagi saya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini saya HARUS memperbesar daftar karena kebingungan dan ketidaktegasan saya dalam memilih film – film yang mengesankan saya di sepanjang tahun 2013 kemarin. Banyak film yang ditonton, memperbesar hasrat saya untuk berbagi pengalaman nonton. Inilah esensi sebenarnya dari perilisan daftar semacam ini. Untuk berbagi pengalaman nonton. Sudah menjadi naluri dasar kita untuk berbagi apa yang kita anggap positif.
Bagaimana saya pada akhirnya memilih film – film yang masuk ke dalam daftar? Sederhana sih. Sebuah film itu harus saya anggap bagus, saya suka dan saya bisa menontonnya berulang – ulang. Maka dari pada itu, daftar saya ini tidak mengakomodasi film – film yang menghadirkan perasaan sendu. Terpaksa saya menyingkirkan Our Children dan The Broken Circle Breakdown dari daftar. Saya tidak berhasrat untuk menonton ulang lagi. Saya juga tidak akan memasukkan film – film yang terlalu rumit untuk otak saya semacam Stoker, Somewhere in Palilula, La Citta Ideale dan sebagainya. Atau film yang masih ada ganjalan dan butuh nonton ulang lagi semacam Her.
Jangan bertanya mengapa tidak ada Gravity, karena saya
belum menontonnya.
Berikut daftar. film mengesankan versi Movievora untuk tahun 2013. Semoga menambah referensi tontonan. Terima kasih.
 #40 HUMMINGBIRD / REDEMPTION
Dir. Steven Knight / Cast : Jason Statham, Agata Buzek

Sangat sederhana mengapa saya begitu terkesan dengan film ini, yakni saya bisa melihat sisi lain Jason Statham. Dalam kisah yang kental nansa dramanya, Jason Statham nampak enjoy menjalani perannya. Saya sampai bisa membayangkan Jason Statham menggengam Piala Oscar. Ya, saya salah satu penggemar Jason Statham. Ketika seringkali saya berharap sebuah film tidak ada sekuelnya tidak demikian dengan film ini. Saya ingin Joseph Smith melanjutkan kiprahnya. Filmnya juga menawarkan romantisme tersendiri. Manis banget kalau ditonton di bioskop.

 
#39 I DECLARE WAR
Dir. Jason Lapeyre, Robert Wilson / Cast : Siam Yu, Gage Munroe Michael Friend

Film anak – anak yang bisa dinikmati oleh orang dewasa. Film yang mampu membawa kita ke masa kecil. Well….itu kalau masa kecil kita dihadapkan pada eksplorasi ruang yang luas sih. Lucu menggemaskan dan ada nampar – nampar nya juga buat kita yang ngaku dewasa. Makin komplet dengan ensamble cast yang seru. Nonton bareng anak – anak belia di bioskop kayaknya seru nih.

 
#38 FRANCES HA
Dir. Noah Baumbach / Cast : Greta Gerwig, Nickey Sumner, Adam Driver

Film ini memberikan keceriaan tersendiri dengan begitu melekatnya Greta Gerwig dengan karakter yang dia perankan. Karakter yang dia perankan itu pelukable banget, dan ada beberapa sisi yang bikin kita ngaca. Lucu filmnya. Saya bisa membayanggkan senyum – senyum sendiri ketika menontonnya di bioskop.

 
#37 THE WOLVERINE
Dir. James Mangold / Cast : Hugh Jackman, Tao Okamoto, Rila Fukushima

Kalau ditanya apa film summer persembahan holly rilisan 2013 yang saya sukai, maka saya akan menjawab The Wolverine. Unsur komiknya begitu terasa dengan hadirnya rentetan aksi yang seru yang seharusnya bisa sangat berdarah – darah kalau saja tidak terhalang factor rating. Unsur dramanya hadir dengan porsi yang cukup. Seru! Aaaargh…saying sekali tidak bisa merasakan keganasan cakar Wolverine di bioskop.

 
#36 BLANCANIEVES
Dir. Pablo Berger / Cast. Maribel Verdu, Angela Molina

Dongeng klasik makin kental nuansa klasiknya dengan presentasi jadul. Apalagi dengan modifikasi ala Spanyol yang membuatnya makin asyik. Apalagi kalau nontonnya di bioskop. Jangan lewatkan penampilan Maribel Verdu yang memikat.

 
#35 SPECIAL 26 / SPECIAL CHABBIS
Dir. Neeraj Pandey / Cast : Akhsay Kumar, Jimmy Shergill, Anupham Kher Manoj Bajpai

Bahagianya hati ini ketika menyaksikan actor favorit dari India yakni Akhsay Kumar ternyata mampu berlakon dalam film yang tidak harus membuatnya berkonyol – konyol ria. Tampak dewasa, matang dan meyakinkan. Filmnya sendiri juga seru buat disimak di bioskop dengan twist yang asyik.

 
#34 POPULAIRE
Dir. Regis Roinsard / Cast : Romain Duris, Deborah Francois, Berenice Bejo

Rom com menyegarkan dari Perancis. Tidak menyangka hadir sebuah kisah yang memikat dengan latar belakang mesin ketik. Asyik banget ditonton bersama pasangan di bioskop. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/12/populaire.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#33 IN THE HOUSE / DANS LA MAISONDir. Francois Ozon / Cast : Fabrice Luchini, Kristin Scott Thomas, Emmanuelle Seigner

Film yang menggemaskan. Tak ada yang pasti didalamnya kecuali ketidakpastian. Inilah menariknya film ini. Bikin nagih untuk nonton lagi. Kayaknya asyik meraba – raba film ini di bioskop.

 
#32 THE SESSIONSDir. Ben Lewin / Cast : John Hawkes, Helen Hunt, William H Macy

Kisah inspiratif yang manis, sexy, lucu sekaligus pahit dengan penampilan duo cast utama yang mengesankan. Film ini, seperti si karakter utama, tidak berusaha menjual penderitaan walau penuh keterbatasan. Film ini, seperti si karakter utama, sungguh sebuah sajian nakal yang asyik buat ditonton di bioskop.

 
#31 THE INTERNSHIPDir. Shawn Levy / Cast : Vince Vaughn, Owen Wilson, Rose Byrne

Saya suka bagaimana film ini tidak berusaha terlalu memuja produk masa lampau sekaligus tidak terlalu menghujat produk masa kini. Film komedi yang menghibur dengan kadar yang pas dan pantas. Pas dan pantas di tonton di bioskop.

 
#30 ENGLISH VINGLISH
Dir. Gauri Shinde / Cast : Sri Devi, Mehdi Nebbou, Adil Hussain

Tak terhitung film yang berusaha menggambarkan usaha persamaan perlakuan antar jenis kelamin. English Vinglish hadir dengan sangat menghibur. Menjalankan misinya tanpa harus mencari kambing hitam. Bulatnya bola mata Sri Devi bakalmakin cantik ditonton di bioskop. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/09/english-vinglish.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#29 A TEACHERDir. Hannah Fidell / Cast : Lindsay Burdge, Will Brittain

Agak – agak bernuansa Fatal Attraction, namun dimata saya film ini berhasil menangkap rasa percintaan terlarang dengan intim dan sensual. Menggairahkan sekaligus menyesakkan pada saat bersamaan. Panas – panas membara kalau menontonnya di bioskop. <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/09/a-teacher-spoiler-alert.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#28 OF SNAILS AND MEN / DESPRE OAMENI SI MELCIDir. Tudor Giurgiu / Cast : Andi Vasluianu

Salah satu film terlucu yang pernah saya tonton. Banya sentilan, banyak cengiran dan senyuman. Nikmati kelucuannya di bioskop terdekat.

 
#27 BEYOND THE HILLS / DUPA DEALURI
Dir. Christian Mungiu / Cast : Cosmina Stratan, Cristina Flutur

Tidak seintens karya sebelumnya yakni 4 Months, 3 Weeks and 2 Days, namun Beyond The Hills menyuguhkan sebuah pertempuran dua kubu yang berseberangan dengan begitu apiknya yang mampu membetot perhatian kita dari awal sampai akhir, di bioskop.

 
#26 YOU AIN’T SEEN NOTHIN’ YET / VOUS N’AVEZ ENCORE RIEN VUDir. Alain Renais / Cast : Mathieu Amalric, Sabine Azema

Sebuah karya ekperimental yang menarik dan mengesankan yang membuat kita memperlebar sudut pandang. Suguhan teatrikal yang bakal dahsyat ditonton di bioskop. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/09/vouz-naves-encore-rien-vu-you-aint-seen.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#25 WHAT THEY DON’T TALK ABOUT WHEN THEY TALK ABOUT LOVE
Dir. Mouly Surya / Cast : Karina Salim, Ayushita, Nicholas Saputra

Film yang kaya rasa. Kita bisa merasakan kejenakaan, kegetiran, keliaran, harapan dan banyak lagi yang mampu memancing ragam emosi. Lewat film ini Mouly Surya seakan naik kelas dengan karya yang terasa lebih lepas dan lebih berani dalam mengeksplor sumber daya yang dimiliki. Ada semangat main – main, dalam artian positif, yang bisa kita rasakan ketika kita menyaksikan rentetan kisah dan gambar di layar. Sebuah film yang sangat kental dengan sentuhan kewanitaan. Melihat film ini bagi saya, seakan memahami seorang cewek. Manis, centil, cantik, lucu, menggemaskan meski kadang membingungkan sekaligus menjengkelkan akibat kompleksnya perasaan mereka. Bersyukur bisa menonton film ini di bioskop. Pengen nonton lagiiiii…

 
#24 DREAM & SILENCE / SUENO Y SILENCIO
Dir. Jaime Rasoles / Cast : Maria de Medeiros, Sergi Lopez

Salah satu film yang secara simultan memancarkan aura misterius. Membuat saya penasaran untuk mencoba menonton lagi. Mengulik dan mengulitinya. Dampak yang dulu pernah saya dapatkan ketika menonton The Headless Woman. Tak terbayangkan pakatnya aura misterius ketika menontonnya di bioskop.

 
#23 BLUE IS THE WARMEST COLOUR / LA VIE D’ADELE – CHAPITRES 1 & 2Dir. Abdellatif Kechiche / Cast : Adele Exarchopoulos, Lea Seydoux

Kisah salah satu fase kehidupan Adele yang menarik buat disimak yang sangat ditunjang oleh penampilan mengesankan dari dua cast utamanya. Ada beberapa keterwakilan rasa didalamnya. Bayangkan sensasinya ketika menontonnya di bioskop. Tanpa sensor. Baca selengkapnya di <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/12/blue-is-warmest-color-la-vie-dadele.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#22 MANIAC
Dir. Frank Khalfoun / Cast : Elijah Wood, Nora Arnezeder

Keterkesanan saya pada film ini tidak bisa dilepaskan pada faktor gaya presentasi gambar dan ceritanya yang unik yang memberikan dampak luar biasa. Sangat membekas di ingatan. Bakal di buat mabok kalau menontonnya di bioskop.

 
#21 CHILD’S POSE / POZITIA COPILULUIDir. Calin Peter Netzer / Cast : Vlad Ivanov, Luminita Gheorghiu

Setelah menyaksikan film ini ingin rasanya saya bersimpuh di kaki ibu. Salah satu film yang menggambarkan hubungan ibu dan anak yang melekat di hati. Kapan saat yang tepat untuk melepaskan dan dilepaskan. Nonton di bioskop bersama ibu sangat dianjurkan.

 
#20 WE ARE WHAT WE ARE
Dir. Jim Mickle / Cast : Bill Sage, Julie Garner Ambyr Childers Kelly McGillis Odeya Rush

Merupakan film horror terbaik yang saya tonton di tahun 2013 kemaren. Berbeda dengan versi aslinya yang terdapat banyak muatan, versi terbaru ini murni sebuah film horror. Tampil dengan sangat elegan namun tetap sukses meninggalkan kengerian di benak penonton. Kurang ajarnya lagi, sensasi tersebut disuntikkan secara perlahan – lahan hingga sangat membekas di ingatan. Landasan kisahnya juga cukup meyakinkan. Horor yang ditebarkan bakal makin terasa kalau menontonnya di bioskop.

 
#19 CLOUD ATLASDir. Tom Tykwer, Lana Wachowski, Andy Wachowski / Cast : Tom Hanks Halle Berry, Jim Sturgess Doona Bae, Hugh Grant, Susan Sarandon

Sebuah film yang sangat memanjakan semua indera. Muatannya lumayan berat namun gambar - gambar yang tersaji di layar serta music yang mengiringinya sangat memukau ditonton di bioskop dan tak cukup ditonton satu kali. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/04/cloud-atlas.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#18 RAANJHANAADir. Anand L. Rai / Cast : Dhanush, Sonam Kapoor

Kisah ala Romeo dan Juliet yang dalam bayangan saya akan mampu membuat Shakespeare tepuk tangan meriah. Sayapun mungkin akan goyang meriah di bioskop ketika lagu Tum Tak dikumandangkan. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/09/raanjhanaa.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#17 BEFORE MIDNIGHT
Dir. Richard Linklater / Cast : Julie Delpy, Ethan Hawke

Jujur, saya tidak begitu yakin film ini akan menjadi penutup roman Jesse dan Celine. Trio Richard Linklater, Ethan Hawke dan Julie Delpy masih sukses menghadirkan roman yang mengena di hati. Seru kali ya marathon 3 film sekaligus di bioskop.

 
#16 EVERYDAYDir, Michael Winterbottom / Cast : John Simm, Shirley Henderson

Kisah biasa akan menjadi luar biasa kalau dikemas dengan pendekatan yang luar biasa. Kisah cinta yang terpisahkan jarak ini terasa sangat menggigit akibat proses produksinya yang tak lazim. Emosi kita sebagai penonton tumbuh bersama dengan pertumbuhan natural karakter – karakter yang dihadirkan di layar. Nonton di bioskop sambil berpelukan dengan seluruh anggota keluarga bakalan syahdu nih.

 
#15 DOMESTIC
Dir. Adrian Sitaru / Cast : Adrian Titieni, Ioana Flora

Tak pernah menyangka film tentang hewan peliharaan bisa seunik dan sesegar ini. UNIK dan SEGAR. Saya dibuat takjub juga dengan salah satu sekuen. Wow. Sayangnya, nonton film di bioskop gak boleh bawa binatang peliharaan ya.

 
#14 OBLIVIONDir. Joseph Kosinski / Cast : Tom Cruise, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough

Film aksi bisa begitu sedap dipandang. Memadukan kecanggihan dan romantisme dalam kadar yang pas serta tribute terhadap pendahulunya yang menghadirkan nostalgia tersendiri. Tontonan mantap buat indera dan rasa. Apalagi kalau nontonnya di bioskop.

 
#13 VANISHING WAVESDir. Kristina Buozyte, Bruno Samper / Cast : Marius Jampolskis, Jurga Jutaite

Idenya tidak sepenuhnya orisinal namun Vanishing Waves ini memberikan berbagai macam sensasi akbat presentasi audio visual yang menarik. Ganjil, sensual, tragis sekaligus romantis. Sukaaa….!!! Berharap film ini diputar di bioskop local tanpa sensor.

 
#12 PARADISE TRILOGY : LOVE, FAITH & HOPE / LIEBE, GLAUBE & HOFFNUNG
Dir. Ulrich Seidl / Cast : Margarethe Tiesel, Maria Hofstatter, Melanie Lenz

Hmmm…oke, Hope memang tidak semenendang Love dan Faith, namun ketiga film garapan Ulrich Seidl ini sukses menghadirkan ironi dari asa manusia. Trilogi Paradise mengambarkan proses pencarian akan kenyamanan dari hal yang dianggap paling berharga, pada masing – masing karakter, dengan bagus. Lucu, pahit, getir namun senantiasa menghadirkan harapan, walau secuil apapun itu. Pengen marathon trilogy ini di bioskop. Tanpa sensor.

 
#11 STRANGER BY THE LAKE / L’INCONNU DU LAC
Dir. Alain Guiraudie / Cast : Pierre de Ladonchamps, Christophe Paou

Film minimalis yang maksimal. Konten seks nya mungkin membuat jengah, namun rugi banget kalau melewatkan film arahan ini. Padat dan memikat. Pecinta kisah dari Alfred Hitchcock gak boleh melewatkan film ini. Plus beberapa selipan image yang menggelitik. Lucu gitu. Dan endingnya salah satu ending terbaik di 2013. Pengen merasakan kemaksimalan film ini di bioskop. Tanpa sensor.

 
#10 STORIES WE TELL
Dir. Sarah Polley / Cast : Sarah Polley, rebeca Jenkins

Tidak menyangka sebuah film dokumenter bisa kaya rasa dan kaya teknis seperti ini. Sangat mengesankan. Jangan lewatkan kalau tayang di bioskop dekat rumah anda. Baca selengkapnya <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/09/stories-we-tell.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
#09 LEVIATHAN
Dir. Lucien Castaing-Taylor, Verena Paravel

Menonton film ini itu seperti kita mencicipi sebuah makanan yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Ketika sampai di mulut dan dikunyah, otak kita berusaha memilah – milah masuk pada jenis apa dan terdiri dari apa saja makanan tersebut. Begitu kita habis mengunyah dan menelannya, ada hasrat untuk mencomotnya lagi. Leviathan jelas memberikan pengalaman sinematik yang belum pernah saya nikmati sebelumnya. Saya penasaran bagaimana dampaknya apabila film ini ditonton di IMAX misalnya. #D yang regular pun bolehlah. WOW!

 
#08 REALITY
Dir. Matteo Garrone / Cast : Aniello Arena, Loredana Simioli

Sebuah kisah tentang orang yang tercebur dalam mimpi dan tercabut dari realita yang disajikan dengan sangat realistis. Hasilnya sebuah sajian yang menggelikan, menyedihkan dan menampar. Salah satu satire terbaik yang pernah aku tonton. Bagus banget kalau ditonton di bioskop bersama jebolan talent contest.

 
#07 THE WALL  / DIE WAND
Dir. Julian Poisler / Cast : Martina Gedeck

Life of Pi versi hutan yang dalam pandangan saya mampu memberikan gambaran yang bagus seputar eksistensi manusia. Tentang sepi, kesepian, menyepikan diri dan tersepikan. Asing, terasing, keasingan dan diasingkan. Cocok buat perenungan. Gambar – gambarnya yang indah cocok banget buat dikonsumsi di bioskop.

 
#06 UPSTREAM COLOR
Dir. Shane Carruth / Cast : Amy Seimetz Shane Carruth

Menyaksikan film ini tak hanya memberikan sebuah pengalaman audio visual yang memuaskan indera namun juga menantang intelegensia yang pada akhirnya memberikan sebuah pengalaman menonton yang mengesankan dan siap menyantapnya lagi nantinya. Indera, hati dan otak tersentuh semua. Dan saya baru kali ini mendapati kisah yang seperti ini. Ambisius yang membius. Berharap segera tayang di bioskop dekat rumah. Sangat berharga di tonton di bioskop.

 
#05 SHIP OF THESEUSDir. Anand Gandhi / Cast : Aida Elkashef, Neeraj Kabi, Sohum Shah

Terdiri dari tiga kisah yang saling berhubungan yang akan memandu kita pada banyak hal persoalan kehidupan. Persoalan – persoalan dilematis yang akan menantang nurani kita. Makin mengesankan ketika dipresentasikan dengan gambar – gambar yang fotografis nan memanjakan mata. Dan jangan lewatkan transformasi fisik salah satu pemerannya. Wow!!! Coba ya nontonnya di bioskop. Film ini membuktikan kalau kamu jeli, kamu bisa mendapatkan film – film bagus hasil karya anak India.  Dan bersiap – siaplah kedepannya kamu akan banyak kabar akan kiprah Anand Gandhi.

 
#04 THE GREAT BEAUTY / LA GRANDE BELEZZADir. Paolo Sorrentino / Cast : Toni Servillo

Film tentang keindahan hidup yang indah. Film yang selaras antara judul dan isinya. Saya membayangkan film ini masih akan saya nikmati sampai saya tua nantinya. Keindahan yang ditampilkan didalamnya bakal makin mengesankan ketika dinikmati di layar besar dengan dukungan tata suara yang prima alias di bioskop. Film ini seakan satu rangkaian dengan This Must Be The Place yang juga saya sukai dinamikanya.

 
#03 TOKYO FAMILY / TOKYO KAZOKUDir. Yoji Yamada / Cast : Isao Hashizume, Kazuko Yoshiyuki, Satoshi Tsumabuki

Ketika saya menyaksikan Tokyo Story (Tokyo Monogatari) karya Yasujiro Ozu, saya langsung jatuh cinta dibuatnya dan memasukkannya ke dalam daftar film paling mengesankan sepanjang masa. Film tersebut mempunyai jiwa yang abadi hingga terasa actual ditonton kapan saja. Kehadiran Tokyo Family makin menegaskan hal tersebut. Tidak akan memilih mana yang lebih bagus, karena keduanya sama  sama sebuah tontonan yang kaya hati. Sungguh mengesankan. Pantas ditonton di bioskop bersama ayah, ibu, saudara, pasangan, anak. Semuanya deh.
 
 
#02 SILVER LININGS PLAYBOOK
Dir. David O. Russell / Cast : Jennifer Lawrence, Bradley Cooper
 
Film ini mengobati kekangenan saya akan karya – karya James L Brooks yang penuh kehangatan. Semua lini tergarap dengan bagus. Menggoyang – goyangkan emosi. Sebuah tontonan yang mampu meninggalkan senyum ketika selesai menontonnya hingga memancing hasrat untuk suatu saat menontonnya lagi demi sebuah sensasi yang sama. Saya jatuh cinta dengan film ini. Terkesan kacau, namun terbayar dengan keseimbangan yang manis. Ah, seandainya bisa menonton film ini di bioskop sambil bergandengan tangan yang erat dengan pasangan….. <a href="http://movievora.blogspot.com/2013/02/silver-linings-playbook.html" target="_blank" title="silahkan kunjungi blogku">DI SINI</a>

 
 #01 GANGS OF WASSEYPUR 1 & 2
Dir. Anurag Kashyap / Cast : Nawazuddin Siddiqui, Manoj Bajpai


8 comments:

Reino Ezra mengatakan...

Bikin bioskop arthouse-antisensor dong. cc: Pemda Wonogiri

soeby mengatakan...

@reino : anggarannya buat beli aer kaaak. Dan filmnya ringan2 kok ituh

Awya mengatakan...

Astaga pilihan filmnya obscure sekali ya. Ada jutaan judul yang belum pernah saya denger nih. *lebay*

Daniel Politton mengatakan...

Love the pick buat #2 om! Seneng ada juga yg cinta sama Silver Linings seperti saya. :D Banyak nih yg blm saya tonton, hehe.

soeby mengatakan...

@awya : hih, ditawarin juga kemaren gak mau

@daniel : Aku cintaaaaa SLP. Sayang banget banyak yang lupa memasukkan film manis ini

Moan mengatakan...

Wohoo Silver Linings Playboook !!!!!!!

gunawan triantoro mengatakan...

Jadi banyak yang harus ditonton nih setelah buka list ini.... Mas ini bener2 penyuka film eropa yg berat dan mikir yah,hahaa.... Mana ada coba orang yang jadiin 'Beyond the Hills' sebagai film yg mengesankan...

Aku suka list-nya....dan ada beberapa yang bikin penasaran mau nonton.. Ayo tonton terus film2 asing terbaik-nya mas dan ceritakan disini. ;)

Love this blog a lot.

soeby mengatakan...

@Gunawan : aiiih...matek!!! Itu filmnya ringan - ringan dan mudah dinikmati loh. Beyond The Hills itu seru, bikin gemes :D

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST