HALF NELSON


Guru itu katanya di gugu lan ditiru. Maksudnya, guru adalah sosok yang pantas dituruti dan diikuti, mengingat mereka mengemban tugas besar yang mulia, yakni menstransfer ilmu demi kelangsungan generasi yang diharapkan lebih baik. Dalam bersikap dan bertutur kata, seorang guru diharapkan bisa menjadi inspirasi banyak orang, terutama untuk murid – muridnya. Beban peran seorang guru ini sangatlah berat. Kenyataannya, guru itu tidak berbeda dengan manusia kebanyakan. Mereka juga membuat banyak kesalahan mengingat hidup itu sendiri merupakan sebuah proses pembelajaran yang tanpa henti. Belum lagi himpitan berbagai peran dan kepentingan yang kadang memecah konsentrasi seorang guru, hingga menggoyahkan perannya.
Half Nelson memberikan sebuah suguhan yang menarik seputar guru dan hubungannya dengan murid. Dan Dunne (Ryan Gosling) adalah seorang guru sejarah yang cenderung idealis dan memilih mengajar dengan caranya sendiri. Dari pandangan sepintas, Dan terlihat seperti sosok guru ideal. Komunikasi di kelas berjalan dua arah dan hangat, serta Dan bisa menjadi partner yang akrab bagi murid – muridnya. Terlihat sekali Dan berusaha mengikis jarak guru dengan murid. Namun dibalik keunggulannya, Dan ternyata seorang pemakai narkoba yang cukup akut. Sampai film berakhir, tidak jelas apa yang menyebabkan Dan mengkonsumsi narkoba. Bahkan, dia sampai menikmati barang terlarang tersebut di sekolah yang malangnya aksi tersebut diketahui oleh salah satu muridnya, Drey (Shareeka Epps).


Setelah kejadian di toilet, yang terjadi justru terjalin hubungan yang makin lama makin erat antara Dan dengan Drey. Dengan ketidaksempurnaan Dan sebagai guru di mata Drey, justru membut hubungan keduanya terasa cair. Bahkan dalam diri Drey muncul perasaan sayang terhadap gurunya. Dan sendiri begitu mengetahui lingkungan sosial dari Drey berusaha memberikan afeksi dan proteksi yang makin membuat Drey terikat. Disinilah pasangan Anna Boden dan Ryan Fleck menghadirkan sebuah kontradiksi yang memancing pertanyaan dilematis. Ketergantungan Dan akan narkoba apakah lantas membuat Dan merupakan seorang guru yang gagal? Padahal di satu sisi dia begitu mengayomi murid – muridnya. Karakterisasi yang diberikan oleh Anna Boden dan Ryan Fleck terhadap tokoh Dan seakan ingin memanusiakan sosok guru yang tak luput dari permasalahan personal yang menuntutnya untuk juga terus belajar. Seorang guru nyatanya adalah seorang murid (kehidupan) juga.


Seorang guru yang baik adalah seorang murid yang mau terus belajar demi sebuah kehidupan yang lebih baik. Yang dimaksud belajar tentu saja tidak sebatas membaca buku, namun juga ”membaca” lingkungan dan manusia lain yang diselimuti rasa peduli. Interaksi dengan manusia lain nyatanya juga merupakan sebuah pembelajaran yang inspiratif dan mendewasakan. Proses pembelajaran ini bisa berhasil kalau masing – masing pihak bisa memberikan sebuah pengaruh yang membawa ke arah yang lebih baik. Proses pembelajaran tampaknya juga bisa berjalan dengan baik kalau berjalan apa adanya dan menembus batas – batas yang ada. Ketika masing - masing pihak bisa saling belajar satu sama lain serta saling membantu dan saling melengkapi, keberadaan kita terasa lebih utuh.

2 comments:

hakimicture mengatakan...

Yay, nemu dimana nih film. Ryan Gosling adalah salah satu aktor favorit saya. Selalu menyempatkan diri bermain dalam film kecil (malah lebih banyak film kecil ketimbang mayor studio) dengan dedikasi tinggi. Half Nelson (kabarnya film ini cuma berbiaya ribuan dollar ya ?) ini kayaknya jadi pembuktian aktingnya. Sebelumnya dengan Michael Pitt dan Sandra Bullock dalam Murder by Numbers, sebenarnya sudah keliatan aktingnya keren, karena disitu ia terlihat angkuh & memuakkan.

Soeby mengatakan...

Ada yang jualan tuh di Kaskus hehehehe....Awalnya aku gak begitu suka sama Ryan Gosling lho, tapi sekarang selalu penasaran dengan film - filmnya dia. Aku udah liat aksi dia sejak The Believer. Dan menurutku dia itu Sean Penn versi muda :)

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST