PREVIEW : HARI INI PASTI MENANG



 Sepak bola katanya olah raga paling popular se-jagad, tapi anehnya kok sedikit banget yah film tentang bola yang benar – benar boom. Paling cuman trilogy Goal! Itupun hasilnya juga gak wah banget. Masih kalahlah dengan film tentang American Footbal. Mungkin hal tersebut karena sepak bola bukan olah raga yang popular di Amerika sana kali ya, dimana Holly berada di dalamnya. Di Indonesia sendiri, film tentang sepak bola sepertinya baru Garuda di Dadaku yang benar – benar mendapat banyak atensi. Kalau sinetron, ada Tendangan Si Madun yang telah memasuki musim ketiga. Andibachtiar Yusuf untungnya selalu konsisten mengangkat sepak bola dalam setiap karyanya. Liat saja filmografinya yang mencakup Romeo Juliet (2009) The Conductors (2008) dan The Jak (2007). Kini Andi, yang bisa kamu follow di @andibachtiar dan cukup royal membalas mention, hadir kembali lewat Hari Ini Pasti Menang. Saya lumayan suka dengan Romeo Juliet yang disajikan dengan tuturan yang asyik dan lugas. Jadi, hari Ini Pasti Menang tampaknya cukup pantas untuk ditonton di bioskop mulai 11 April 2013.










  • Hari Ini Pasti Menang mengisahkan prestasi sepak bola Indonesia yang berhasil menembus putaran filam Piala Dunia 2014 di Brasil. Mari kita teriak bersama – sama : WOW!!! Meski sekedar adaptasi fiksi Menerjang Batas kreasi Estu Ernesto, mari kita menyikapinya sebagai doa. Ucapkan bersama – sama : AMIN.
  • Film ini memfokuskan pada kisah Gabriel Omar 8 disingkat GO8, terinspirasi dari CR-7, yang diperankan oleh bintang baru, Zendhy Zain. Cakep orangnya. Terpilihnya Zendhy Zain melalui proses casting yang cukup panjang, termasuk melalui uji main sepak bola. Setelah terpilih, dia juga masih harus menjalani pelatihan bola berbulan – bulan. Selama syuting, Zain juga mengalami beberapa kali cidera. Penasaran kan hasil perjuangannya di layar nantinya?
  • Hari Ini Pasti menang juga didukung oleh Ibnu Jamil sebagai Bambang Pamungkas, Tika Putri yang aktingnya di film ini kabarnya bagus banget, Mathias Muchus, Ray Sahetapy, Ramon Y Tungka, Hengky Soelaiman, Verdy Soelaiman dan Desta.
  • Selain itu, Hari Ini Pasti Menang juga menghadirkan pemain sepak bola professional seperti Rochy Putiray (mantan pemain tim nasional), Rizki Ramdani Lestaluhu,  Hasim Kipuw (Persija Jakarta), Dedi Kusnandar (Arema Indonesia) dan masih banyak lagi.
  • Untuk mendalami perannya sebagai pelatih bola, Ray Sahetapy mengambil Fabio Capello sebagai rujukan, karena dianggap sebagai sosok yang tidak memiliki jarak dengan para pemainnya.
  • Dalam sebuah adegan, Ray Sahetapy benar – benar menampar Zendhy Zain biar yang tersaji di layar benar – benar natural.
  • Andibachtiar Yusuf mengajak penonton melihat sepak bola dari sisi berbeda melalui pendekatan parodis-satiris. Kalau sudah menyaksikan Romeo Juliet, tampaknya Andibachtiar bakal kembali menghadirkan sebuah sajian yang cukup kental muatan kritiknya akan seluk beluk persepakbolaan nasional tanpa harus terkesan cerewet.
  • Sebagai theme song Hari Ini Pasti Menang ada lagu Indonesiaku yang didendangkan Judika. Nuansa nasionalisme kental banget di lagu tersebut. Selain itu ada lagu Extraordinary dari XO – IX yang mewakili jiwa dan semangat sepak bola yang dinamis serta selalu bergerak.
  • Tonton Hari Ini Pasti Menang di bioskop mulai 11 April 2013.





Production statement dari Andibachtiar Yusuf untuk  Hari Ini Pasti Menang :

”Bagi gue, ini film yang menjadi jawaban atas semua kebisaan manusia. Termasuk semua akan mungkin dilakukan oleh orang Indonesia, meski banyak yang mungkin tak pernah berpikir ke arah sana. Ketika Hollywood membuat film-film hebat, mereka juga mengawali dengan kata Start. Ya, saya memulai Start dari film ini kalau mau membuat sebuah film sepak bola Indonesia,”

”Menggambarkan film dalam waktu dua sampai tiga jam mungkin cukup. Tapi, film sepak bola tak pernah cukup dengan batas waktu sedemikian singkat. Sebab, sepak bola di lapangan saja waktu normalnya 90 menit. Itu satu laga saja, jika dua partai saja, banyangkan. Makanya, saya ingin mempertontonkan kalau sepak bola itu seperti ini realitasnya,”

Setting film yang mengambarkan bagaimana sepak bola Indonesia ke depan yang hebat dengan penuh kejutan, jadi bagian terpenting ’Hari Ini Pasti Menang’. Film ini bagian dalam perenungan saya di keramaian sepak bola negeri ini yang ’real’-nya sangat penuh intrik tak sportif.

0 comments:

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST