DI BALIK LAYAR IMBLOG CHOICE AWARDS



Akhirnya, setelah hampir 3 bulan berjalan, nominasi IMBlog Choice Awards yang pertama dirilis juga. Nominasi lengkapnya bisa dibaca DI SINI Apakah IMBlog Choice Awards itu? Kegiatan ini bermula dari ide Labirin Film akan sebuah ajang apresiasi film dari para blogger film di Indonesia. Ide tersebut makin memanas ketika terjadi kisruh dalam penyelenggaraan FFI 2010. Saya sendiri sempat berpikiran, seru kali ya kalau ada semacam movie award alternative bagi film nasional. Bukan untuk menyaingi, namun hanya sebagai pilihan biar dunia perfilman nasional makin semarak. IMBlog Choice Awards sebenarnya lebih merupakan suatu event buat para blogger film bersenang- senang dan merekatkan tali silaturahmi.


Proses dimulai dengan pembuatan milis Indonesian Movie Bloggers Community dan pembentukan komite untuk film Berbahasa Asing maupun untuk film Indonesia.

Komite untuk Film Berbahasa Asing :

Labirin Film (Head of Committee)
Jalang Film
Movienthusiast
Awya Ngobrol
Curhat Sinema
Cinema Poetica

Komite untuk Film Indonesia
Ngobrolin Film
At The Movies
Layar Besar
Raditherapy
Cinema Poetica

Kenapa Cinema Poetica masuk dalam 2 Komite sekaligus? Karena Cinema Poetica dikelola oleh lebih dari 2 orang. Penunjukan nama-nama yang masuk dalam Komite ditentukan dalam sebuah rapat kecil yang mempertemukan para blogger film yang berdomisili di ibukota.

Tahap – tahap yang harus dilalui hingga perilisan nominasi yang melibatkan kontribusi dari anggota IMBC adalah sebagai berikut :


Penentuan Nama Award
IMBlog Choice Awards dipilih karena hasilnya merupakan pilihan/favorit dari para blogger film di Indonesia, makanya kata “Choice” yang dipilih.

Penentuan Nama Kategori Nominasi
Kita memutuskan untuk memakai Jawara dan Tersohor. Terkesan unik dan mencerminkan yang paling banyak dipilih oleh anggota IMBC. Sedangkan Tersohor merupakan pemenang berdasarkan pilihan dari mereka yang bukan anggota IMBC. Buat yang ingin berpartisipasi bisa langsung meluncur ke Flick Magazine
Untuk kateggori nominasi, dipisah menjadi dua yakni kategori utama dan kategori khusus. Untuk nama masing-masing kategori khusus, setiap anggota IMBC bebas mengusulkan untuk kemudian disaring oleh komite dan dilemparkan kembali kepada forum hingga pada akhirnya dipilih 10 kategori yang paling banyak dipilih. Tahu gak sih, ada usulan untuk kategori Adegan Makan Terjawara, Cipokan Terjawara dan beberap usulan lucu lainnya.

Voting Calon Nominasi
Didahului dengan batasan film apa saja yang bisa ikut serta dalam IMBlog Choice Awards. Adapun batasannya adalah film yang diputar/diedarkan secara resmi melalui bioskop / festival film / home video di Indonesia. Film- film tersebut merupakan film rilisan 1 Januari 2009 s/d 31 Desember 2010 (world release) dan tayang/edar di bioskop/festival film sepanjang tahun 2010. Untuk home video, yang berhak masuk pilihan adalah film rilisan 1 Januari 2009 s/d 31 Desember 2010 (world release) dan belum tayang/edar di bioskop/festival film di tahun 2009. Jadi jangan heran kalau film – film seperti Fantastic Mr. Fox dan The Blind Side yang edar resmi tahun 2009 bisa ikut menjadi pilihan karena dua film tersebut belum tayang di bioskop/festival film di tahun 2009.
Masing – masing anggota IMBC menjagokan maksimal 5 judul/nama untuk masing – masing kategori yang disaring oleh komite dan diambil 5 judul/nama yang paling banyak direkomendasikan. Kalau misalnya terjadi jumlah pemilihnya sama (tie), anggota komite melakukan voting judul/nama hingga terpilih 5 judul/nama.
Bocoran 10 Film yang paling banyak direkomendasikan dalam Film Jawara (urutan berdasarkan abjad)
1.Buried
2.The Ghost Writer
3.Honey (Bal)
4.How To Train Your Dragon
5.Inception
6.Poetry
7.The Social Network
8.Toy Story 3
9.Uncle Bonmee Who Can Recall His Past Lives
10.Up In The Air

Sebagai sebuah event perdana, IMBlog Choice Award mungkin masih menyisakan beberapa hal yang membutuhkan perbaikan, terutama dalam hal koordinasi. Komunikasi kita kebanyakan terjadi lewat dunia maya, dimana mungkin komunikasi menjadi tersendat – sendat akibat masing – masing pihak kan juga punya banyak kegiatan di dunia nyata. Tapi, dari berbagai hal yang belum bisa memuaskan, bisa kita ambil pelajaran, agar kalau nantinya masih akan ada IMBlog Choice Awards lagi, pelaksanaannya bisa lebih baik lagi. Biarkan kami berproses.

Pro dan kontra adalah sesuatu yang wajar, begitupun dengan pro dan kontra yang mengiringi kehadiran IMBlog Choice Award. Kita sangatlah terbuka akan pujian, masukan dan kritikan. Hal tersebut justru menggembirakan, karena apa yang kita lakukan itu ”dipandang.” Untuk berbagai komentar terhadap IMBlog Choice Awards, ada statement Labirin Film yang bagi saya sangatlah bijaksana dan tepat, yakni ”We’re movie bloggers. We just love film and we want to have fun with our love. Please don’t ruin our little yet important fun for us.” SEMANGAAAAAAAATTT……..!

0 comments:

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST