MENGINTIP NOMINATOR OSCAR 2011


Bagaimana pendapat kalian dengan Nominasi Oscar 2011 yang baru dikeluarkan? Rasa tidak puas pastinya muncul. Sebuah perasaan yang rasanya hadir tiap kali nominasi Oscar dirilis. Kekesalan terbesar tentu saja dengan tidak masuknya Christopher Nolan di jajaran Sutradara Terbaik. Film dan skenarionya saja masuk kok yang mengolahnya tidak masuk.
Kekesalan terhadap tidak masuknya Nolan rasanya sudah cukup banyak dibahas ya. Jadi kali ini saya akan mengajak mengintip kiprah nominator di ajang Oscar. Yang namanya mengintip, bisa jadi bnyak detail yang terlewat. Namun, saya berusaha membagi informasi yang saya tahu. Informasi ini siapa tahu bisa menjadi bantuan dalam memperkirakan siapa yang bkal berjaya di Oscar 2011 nantinya, terutama buat kamu yang ikutan TEBAK OSCAR di blog ini.



FILM TERBAIK
Dari 10 film yang masuk sayangnya baru melihat 5 judul yakni Black Swan, Inception, The Kids Are All Right, The Social Network dan Winter’s Bone. Masuknya Toy Story 3 ke jajaran terbaik mengindikasikan film ini bakal meraih piala di kategori Animasi Terbaik. Kalau sampi kalah tentunya sebuah keanehan bukan? Yang mengejutkan adalah dengan raihan 12 nominasi dari The King’s Speech mengalahkan perolehan nominasi dari The Social Network yang sebelumnya banyak diunggulkan. 10 Nominasi yang diperoleh True Grit juga menjadi kejutan tersendiri yang membuat persaingan mkin seru. Berikut lima film yang memperoleh nominasi terbanyak :
The King's Speech (12)
True Grit (10)
Eight: Inception (8)
The Social Network (8)
The Fighter (7)


Meski hanya memperoleh 5 nominasi, Toy Story menjadi film dengan pendapatan dolar terbesar diantara nominator yang lain. Film ini berhasil meraup juta untuk peredaran domestic, disusul Inception dengan perolehan $292.5 juta. Bagaimana dengan The King’s Speech yang memperoleh nominasi terbanyak? Untuk sementara, film tersebut untuk peredaran di Amerika Utara meraup hampir $60 juta. Sedangkan True Grit sedang berjuang untuk melampaui $150 juta.
Dari persaingan antar pemilik modal, Paramount Pictures mampu tersenyum dengan perolehan total 20 nominasi dari True Grit, The Fighter, How to Train Your Dragon dan Iron Man 2. Dibelakang Paramount, ada Sony Pictures Entertainment yang meraup total 17 nominasi diantaranya dari The Social Network. Lewat keberhasilan The King’ Speech meraih 12 nominasi, Weinstein kembali menunjukkan keagresivannya dalam memperjuangkan filmnya.


SUTRADARA
Untuk kategori penyutradaran, terdapat 3 nama yang baru pertama kali masuk nominasi Oscar. Mereka adalah Darren Aronofsky (Black Swan), David O. Russell (The Fighter) dan Tom Hooper (The King’s Speech). David Fincher sebelumnya pernah masuk nominasi lewat The Curious Case of Benjamin Button. Coen Brothers?
Untuk keempat kalinya Coen_Brothers mendapatkan nominasi sekaligus dalam penyelenggaraan Oscar, yakni untuk Film, Naskah dan Penyutradaraan. Lewat Fargo, meski tidak menang lewat film dan penyutradaraan, Coen Brothers berjaya di penulisan naskah. Baru lewat No Country for Old Men, keduanya berhasil menyabet 3 piala sekaligus. Akankah lewat True Grit, Coen Brothers mendapatakan prestasi yang sama? Coen Brothers juga pernah dinominasikan dalam penulisan naskah lewat O Brother, Where Art Thou? dan A Serious Man. Coen Brothers ternyata pernah dinominasikan juga dengan nama alias mereka, Roderick Jaynes, lewat No Country for Old Men. Kalau tidak salah untuk kategori Editing.
O iya, kembali ke soal tidak masuknya Nolan untuk kategori ini, dalam pandangan saya hal tersebut disebabkan oleh tak adanya cast Inception yang masuk dalam daftar nominasi ya.


AKTING (AKTOR)
Untuk kategori Pemeran Pria Terbaik, terjadi pertarungan lagi antara Colin Firth dengan Jeff Bridges setelah pada Oscar 2010 keduanya masuk dalam kategori yang sama. Diantara nominator lainnya, Jeff Bridger merupakan actor yang paling sering dinominasikan, baik sebagai Aktor Utama maupun Aktor Pendukung, yakni sebanyak 6 kali. Sebelum True Grit, Jeff Bridges pernah masuk bursa Oscar lewat he Last Picture Show, Thunderbold and Lightfoot, Starman, The Contender dan Crazy Heart. Saingan Jeff Bridges dalam akumulasi nominasi Oscar yang diperoleh adalah Javier Bardem yang telah 3 kali dinominasikan (Before Night Falls, No Country For Old Men, Biutiful).
Untuk Kategori Aktor Pendukung, Christian Bale, John Hawkes dan Mar Ruffalo, merupakan nama – nama yang baru pertama kali masuk nominasi Oscar. Jeremy Renner telah menunjukkan potensinya dengan menembus Oscar di tahun sebelumnya. Geoffrey Rush? Aktor gaek ini pernah meraih Oscar lewat Shine dan pernah dinominasikan lewat Shakespeare in Love dan Quills. Tidak masuknya Andrew Garfield menurut saya sangatlah bisa diterima. Di mata saya, penampilannya dalam The Social Network tidaklah sekuat penampilannya di Boy A.


AKTING (AKTRESS)
Meski Natalie Portman tampil mengesankan lewat Black Swan, Annette Benning pantas menjadi ancaman serius mengingat dia sebelumnya pernah tiga kali masuk bursa Oscar, yakni lewat The Grifters, American Beauty dan Being Julia. Nicole Kidman juga pernah meninggalkan jejak di Oscar sebelumnya lewat Moulin Rouge! Dan Rabbit Hole. Meski baru pertama kali masuk nominasi Oscar, Jennifer Lawrence yang pernah menampilkan olahan acting memikat lewat The Burning Plain, juga patut diwaspadai.
Pertarungan seru bakalan terjadi kategori Aktris Pendukung. Ada Amy Adams yang lewat The Fighter mendapatkan nominasi Oscar yang ketiga, setelah sebelumnya ”dicolek” Oscar lewat Junebug dan Doubt. Helena Bonham Carter sebelumnya pernah masuk nominasi lewat film The Wings of The Dove dan Mellisa Leo sempat dilirik Oscar dengan Frozen River-nya. Meski baru berusia 14 tahun, Hailee Steinfeld jangan diremehkan. Begitupun dengan Jacki Weaver yang tampil apik di Animal Kingdom.


NASKAH
Pada kategori Naskah Adaptasi terjadi pertarungan yang cukup sengit. Simon Beaufoy lewat 127 Hours tampaknya mengincar Oscar kedua paska kesuksesan dia meraih Piala Oscar lewat Slumdog Millionaire. Coen Brothers seperti sudah disinggung diatas sudah beberapa kali masuk nominasi Oscar, bahkan memenangkannya. John Lasseter dan Andrew Stanton merupakan duo yang sering menelurkan karya – karya hebat bagi Pixar. Aaron Sorkin? Belum pernah masuk bursa Oscar, namun tangan dinginnya sempat diakui keistimewaaanya lewat A Few Good Men dan seri The West Wing.
Keberhasilan Mike Leigh meloloskan naskah Another Year, seakan menjadi pengingat kalau dia merupakan sutradara dengan kemampuan menulis naskah yang ciamik. Sebelumnya, Leigh pernah masuk nominasi di bidang penulisan naskah untuk film Secrets & Lies, Vera Drake, Topsy-Turvy dan Happy-Go-Lucky. Bahkan untuk Secrets & Lies dan Vera Drake, Mike Leigh juga dinominasikan untuk bidang penyutradaraan. Meski gagal masuk di bidang penyutradaraan, Christopher Nolan masih mempunyai kans membawa pulang piala dan menebus kegagalan sebelumnya lewat Memento untuk kategori penulisan naskah.


MUSIK
Alexandre Desplat yang disukai banyak penikmat film ternyata lewat Tke King’s Speech, baru menerima nominasi Oscar yang keempat sepanjang karirnya. Sebelumnya dia pernah dinominasikan lewat The Queen, The Curious Case of Benjamin Button dan Fantastic Mr. Fox. Akankah lewat The King’s Speech, Desplat pada akhirnya mampu membawa pulang piala Oscar? A.R. Rahman bisa jadi merupakan orang Asia dengan perolehan nominasi Oscar terbanyak untuk kategori musik. Setelah sebelumnya berhasil berjaya dengan 3 nominasi Oscar lewat Slumdog Millionaire, kali ini dia mendapatkan 2 nominasi lagi lewat film 127 Hours. Dan ternyata oh ternyata, Hans Zimmer baru berhasil memboyong satu Piala oscar sepanjang karirnya. Kemenangan tersebut dia raih lewat the Lion King. Sampai dengan Inception, Hans Zimmer pernah masuk nominasi Oscar sebanyak delapan kali, yakni lewat Rain Man, The Lion King, The Preacher's Wife, As Good As It Gets, The Prince of Egypt, The Thin Red Line, Gladiator dan Sherlock Holmes.


Untuk lagu, terjadi pertarungan dua nma yang sering wara – wiri diajang Oscra, yakni Alan Menken dan Randy Newman. Randy Newman bukanlah nama baru di ajang Oscar. Sampai dengan Toy Story 3, total dia telah mendapatkan nominasi Oscar sebanyak 20 kali. Meski baru mendapatkan satu kali kemenangan lewat If I didn’t have you – nya Monster, Inc namun prestasi tersebut tetaplah mencengangkan.
Dari semua nominator yang ada, rasanya nama Alan_Menken sangatlah istimewa. Bayangkankan, sepanjang karirnya dia pernah dinominasikan di ajang Oscar sebanyak lebih dari lima belas kali dan berhasil memenangkannya sebanyak delapan kali. Uniknya, kemenangan Alan Menken didapat ketika dia dinominasikan untuk dua kategori sekaligus yakni untuk Lagu dan Musik seperti untuk film The Little Mermaid, Beauty and The Beast, Aladdin dan Pocahontas


TEKNIS
Untuk kategori Sinematografi, saya senang dengan masuknya Roger Deakins. Sampai dengan True Grit, Roger Deakins telah mengumpulkan sembilan nominasi untuk kategori Sinematografi. Sayangnya, dari delapan nominasi yang dia dapat sebelumnya, dia belum pernah mendapatkannya sekalipun. Film – film yang menghantarkan dirinya masuk nominasi Oscar sebelum True Grit adalah : The Shawshank Redemption, Fargo, Kundun, O Brother, Where Art Thou?, The Man Who Wasn't There, The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford, No Country for Old Men dan The Reader. Kelihatan ya kalau dia sering kerja bareng dengan Coen Brothers.
Untuk penaataan kostum, ada dua nama yang cukup sering masuk Oscar yakni Colleen Atwood dan Sandy Powel. Colleen Atwood, nama yang satu ini memang terkenal piawai dalam penataan kostum. Sudah sangat sering namanya wara wiri diajang Oscar. Sentuhannya pernah dapat dinikmati lewat Little Women, Sleepy Hollow, Lemony Snicket's A Series of Unfortunate Events, Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street, Nine, Chicago dan Memoirs of a Geisha. Dua judul terakhir berhasil membuatnya menjadi yang terbaik. Dua karya Rob Marshall tuh. Nama Sandy Powel juga tidak kalah berkilau dibandingkan Colleen Atwood. Sandy pernah dinominasikan beberapa kali, kalau tidak salah delapan kali, dan berhasil menang lewat Shakespeare in Love, The Aviator dan The Young Victoria.


Sehabis dibacakannya nominasi Oscar, tak seru rasanya kalau tidak mencermati reaksi para nominator. Dari beberapa komentar dan reaksi yang muncul, ada beberapa yang saya sukai, yakni :

"Menopause and a nomination, it's great for the hormones." — Helena Bonham Carter , lucu

"It's always very nice, a nice thing. It always does make me feel better but only for a few hours." — Randy Newman , sudah sering dapat nominasi sih

"If you get six nominations, including best picture and best actor — I'd go see that movie. So I think it's enormously important for the film." — Christian Colson , produser 127 Hours. Jualan banget ya :D

"Ten seems like an awful lot. We don't want to take anyone else's." — Joel and Ethan Coen

2 comments:

Movfreak mengatakan...

Iya sih kalo dilihat lagi Nolan kalo buat urusan nge-direct pemain gak terlalu spesial. Katie Holmes aja pernah kena Razzie pas "Batman Begins"
:)

andyputera mengatakan...

untuk best supporting actor kyknya sudah pas, tentang garfield sy juga ngrasa akting dy kurang kuat bila dibandingkan dgn 5 nominator lainnya

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST