MONEYBALL

Apakah uang bisa membeli kemenangan? Kalau pertanyaan ini ditujukan kepada Billy Beane (Brad Pitt), sudah pasti jawabannya adalah : PASTI! Namun, ketika kemenangan itu dalam pikiran kita merupakan sesuatu yang mahal dan kita dihadapkan pada kondisi keuangan yang cekak, bagaimana bisa kemenangan bisa diraih? Ditengah kebingungan akibat kesal dengan kemenangan tim yang dia kelola serta dana terbatas, Billy dipertemukan dengan Peter Brand (Jonah Hill) yang dengan ide yang tidak lazim berhasil mendorong Billy untuk memikirkan kembali kaitan uang dan kemenangan. Meski harus mendapatkan tantangan, termasuk dari Art Howe (Phillip Seymour Hoffman), Billy bekerja sama dengan Peter tetap melaju demi sebuah kemenangan (yang ekonomis).

Moneyball yang diarahkan oleh Bennett Miller ini pada permukaan terlihat tidak berbeda jauh dengan sport movie kebanyakan. Usaha seorang nobody demi menjadi somebody. Formula ceritanya begitu tipikal. Seorang yang benar-benar berjuang dari bawah, menemui rintangan hingga pada akhirnya mendapatkan kemenangan yang menggetarkan. Dan untuk memikat pemirsa agar kisah yang dihadirkan lebih punya greget, dihadirkan cuplikan pertandingan yang cukup emosional. Acungan jempol patut diberikan kepada Steven Zaillian dan Aaron Sorkin yang memberikan sentuhan berbeda pada Moneyball. Ketika sport movie kebanyakan lebih menyoroti kaitan proses penaklukan diri dengan kemenangan, Moneyball hadir berbeda dengan mengkonfrontasikan uang dengan kemenangan. Dan hal tersebut disajikan secara elegan oleh duo Steven Zaillian dan Aaron Sorkin. Sayangnya, kehidupan Billy diluar baseball kurang terpapar lebih banyak. Film ini seakan menghindari menjadi dramatis dengan mengkondisikan Billy untuk focus pada lapangan. No romance for Billy. Trauma masa lalu yang membayanginya juga tidaklah terlalu sampai emosinya (pada saya).

Selain kekuatan cerita, Moneyball tentunya tidak akan berkilau tanpa dukungan cast yang apik. Divisi casting telah bekerja baik dengan memilih nama-nama seperti Brad Pitt, Jonah Hill dan Phillip Seymour Hoffman. Meski di mata saya bukan merupakan penampilan terbaik di tahun ini, aksi Brad Pitt sebagai Billy Beane merupakan aksi Brad Pitt yang paling memikat dalam beberapa tahun terakhir ini. Dalam Moneyball, Brad Pitt terlihat begitu rileks dan menikmati perannya. Tidak terlihat dia berusaha keras untuk berakting apik. Tidak bakalan heran kalau nantinya dia dapat Oscar untuk perannya sebagai Billy Beane ini. Jonah Hill juga tampil bagus dan menciptakan chemistry yang kuat dengan Brad Pitt. Dan pemilihan Phillip Seymour Hoffman terasa tepat, untuk mengimbangi karisma Brad Pitt dengan kematangan aktingnya. Saya sempat dibuat kaget dengan bentuk kepala Hoffman yang mirip Frankenstein :)

Apakah kemenangan itu didapat dengan uang? Pada beberapa hal, sudah pasti, ya! Namun apakah kemenangan itu ditentukan dengan seberapa banyak uang yang dimiliki? Hal tersebut sangat tergantung dengan kepintaran si pemegang uang. Kita yang mengendalikqan uang, bukan sebaliknya. Billy Beane pada akhirnya menang ketika berhasil mengelola uang dengan baik. Itulah salah satu criteria manajer yang baik. Satu PESAN MORAL penting dari Moneyball, belajar statistic itu penting caaaaaaaah…..!
Sekedar tambahan (tidak penting). Selama menyaksikan Moneyball saya membayangkan pertemuan tokoh yang diperankan oleh Brad Pitt dengan Tom Cruise (Jerry Maguire) dan Al Pacino (Tony D’Amato, Any Given Sunday). Bakalan seru juga kalau ada Cameron Diaz (Cristina Pagniacci, Any Given Sunday). Khayalan tidak penting ya -____-‘

3 comments:

Fariz Razi mengatakan...

saya jga suka filmnya, paman!! keren deh naskahnya + musiknya juga...

Nugros Watch mengatakan...

filmnya cukup tenang and aga lambat, tapi bner2 cerdas & melebihi expektasi ane,,

Brad Pitt megang bgt deh,taun ini dy bner2 pinter milih peran ..^^

Soeby mengatakan...

Saya sebenarnya melihat filmnya gak begitu istimewa. Gak jelek sih, cuman gak istimewa aja :)

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST