IMBLOG'S PICKS : TWISTING FILMS


Seperti halnya hidup, dalam film pun seringkali hadir kejutan – kejutan yang membuat kita terperangah dan mencoba menelaah kembali apa yang sebelumnya dihadirkan. Sebuah kejutan yang dihadirkan kadang membuat sebuah film menjadi bernilai lebih. Semakin sulit sebuah kejutan diperkirakan oleh penonton, semakin mengesankan film yang bersangkutan. Hal ini (mungkin) disebabkan karena kekaguman akan kepintaran sang creator dalam mengolah cerita. Dan berikut adalah 15 film dengan twist yang mengesankan IMBlog rilisan tahun 2000 s/d 2009.



1.THE OTHERS
Sebuah kenyataan yang dihadirkan menjelang di akhir, mampu meruntuhkan segalaapa yang kita yakini sebelumnya. Sangat tidak terduga sekali. Salut dengan Pedro Almodovar yang dengan sabar membangun tembok kepercayaan, untuk kemudian dengan cantiknya dia runtuhkan dengan sebuah hantaman besar.
Memutar-balikkan fakta dengan brilian, visualisasi retro yang menarik, akting gemilang dari Nicole Kidman ( DATABASE FILM )
Sama sekali tidak menyangka akhirnya akan seperti itu. Mencengangkan, karena semuanya disusun secara sangat masuk akal. ( HARIS FADLI )


2.MEMENTO
Gaya bertutur yang tidak lazim mampu memancing rasa penasaran yang tinggi hingga akhirnya terkuaklah segalanya.
Nolan sangat cerdas dalam menyusun alur yang berjalan justru dari epilog kembali menuju prolog. ( HARIS FADLI )
Jujur sudah berkali-kali saya memutar otak untuk mencoba melihat tumpukan demi tumpukan film ini. Yang membuat film sangat bagus adalah sinkronisasi editingnya. ( DONI AGUSTAN )
Twist ending yang sama sekali gagal saya tebak sampai film selesai. ( MOVREAK )


3.THE MIST
Salah satu twist ending yang membuat saya misuh – misuh tidak terima. WTF deh.
Shocking ending. ( DATABASE FILM )
One of the most shocking twist, ketika para protagonis telah mengambil solusi yang mereka anggap terbaik , ternyata nasib berkata lain. ( ADHIT HUMAR )


4.A TALE OF TWO SISTERS
Bukti jika fikiran itu seperti sebuah labirin yang bisa menyesatkan. ( HARIS FADLI )
Bagaimana mestinya membohongi penonton utk menghasilkan sebuah kenyataan yang membuat penonton melotot bego di akhir film? Film ini berhasil melakukannya. Kita diiming - imingi suguhan horor yang ternyata hanya ada dalam imajinasi semata. ( DONI AGUSTAN )
Arah ceritanya bener-bener bisa bikin penonton gak berpikir tentang ending sebenernya. ( MOVREAK )


5.THE PRESTIGE
Susah ya menebak arah film ini dan saya benar – benar dibuat terperangah dengan twist yang bermunculan di penghujung kisah.
Twist berlapis yang cerdas. ( FLIK KENNI )
Cinematography dan set-nya berhasil membangun 'feel' dark. Twist 'kembarnya' sukses membodohi semua penonton. ( DONI AGUSTAN )
Christopher Nolan adalah sang Maestro! Tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dalam The Prestige, Nolan membangun emosi penontonnya hingga mampu mencapai klimaks yang benar-benar nendang! (CURLYBANDIDAS )


6.OLDBOY
Film ini harus menjadi yang pertama dalam urutan film-film twist! Dimanapun itu! Twist bertumpuk yang disajikan Park Chan Wook mengiris hati penonton. Adegan Mido akan membuka kotak ungu dan mido memeluk Oh Dae Soo diakhir film berhasil membuat saya menangis perihhh (lebaiii). ( DONI AGUSTAN )


7.ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND
Cinta mungkin bisa dilenyapkan dari otak, tapi tidak dari hati. Sungguh tidak pernah menduga ( HARIS FADLI )
Plot yang cukup rumit bikin endingnya susah ketebak. Twist ending yang romantic. ( MOVREAK )


8.IDENTITY
Sebuah kish pencarian penjahat sesungguhnya yang mengejutkan. Saya tidak menduga kalau sang tokoh itu ada dalam satu “rumah”.
Multiple personality disorders, si protagonis diketahui punya beberapa kepribadian lagi dan salah satunya adalah si pembunuh berantai.
( ADHIT HUMAR )
Idenya bermain-main dengan dunia pikiran dan kepribadian manusia dengan menjadikan otak itu pada sebuah hotel luar biasa. Salah satu film dengan opening terbaik dalam kurun waktu 10 tahun ini. ( DONI AGUSTAN )


9.ATONEMENT
Mencampuradukkan antara realita dengan imajinasi dengan kemasan yang cantik.


10.THE OTPHANAGE
Hampir mirip dengan The Others. Kita dibuat untuk meyakini akan beberapa hal yang dihadirkan sebelumnya untuk kemudian….BAM! Sebuah kenyataan menyadarkan kita akan apa yang sebenarnya terjadiSebuah kenyataan yang sangat menyesakkan.


11.TRIANGLE
Setelah sebelumnya kita disuguhi tiga kisah di atas kapal yang membingungkan, ketika kembali ke darat kita sadar kalau kita terseret dalam sebuah lingkaran setan yang tak ada habisnya.
Sebuah lingkaran twist yang tiada akhir. ( FLIK KENNI )


12.SAW
Setelah sebelumnya kita merasa bebas dari gempuran dilemma moral yang sangat menghimpit, tiba – tiba kita dikejutkan dengan hadirnya sosok yang membawa terror tiada akhir. Tepat di depan mata.
Jebakan demi jebakan terpasang sempurna, ending yang sangat mengejutkan. ( DATABASE FILM )
Pure twist, never see this coming from the first time! Lelaki yang dikira udah jadi mayat itu tiba-tiba bergerak, berdiri, and there he is, JIGSAW. ( ADHIT HUMAR )


13.PINTU TERLARANG
Berfokus pada sisi psikologis seseorang yang mampu memainkan pikirannya sedemikian rupa, sadis sekaligus artistic ( DATABASE FILM )


14.THE HANGOVER
Berbeda dengan film – film yang masuk dalam daftar ini, The Hangover tampil beda karena berbalut guyonan sepanjang durasinya. Bukti, twist tidak hanya hadir dalam film – film tegang. Dengan misteri akan apa yang sebenarnya terjadi mampu membuat penonton terpaku menunggu penjelasan demi penjelasan. Untuk sampai pada hal tersebut, kita tak hentinya disuguhi kejutan demi kejutan yang tak dapat kita tebak dan mampu mengocok perut.


15.MOTHER
Sebuah kejutan dihadirkan yang mampu membuat kita terperangah. Namun, kejutan tersebut juga menyadarkan kita akan besarnya kasih saying seorang terhadap ibunya.
Mengejutkan melihat ternyata semua fakta yang dikira bohong dan coba disangkal sama sang ibu ternyata kenyataan yang sebenarnya. Mengejutkan sekaligus miris. ( MOVREAK )


16.THE BOY IN THE STRIPPED PYJAMAS
Apa yang dihadirkan dalam film ini mengingatkan saya pada The Mist, sebuah ending yang menyesakkan.
Drama yang tersaji dengan baik, dua aktor cilik yang bermain cemerlang, akhir yang menyedihkan. ( DATABASE FILM )


17.THE DEPARTED
Penokohan dan jalan cerita yang dihadirkan memang sangat berpotensi mendatangkan sebuah kisah yang tidak mudah ditebak akhirnya.
Pertukaran peran baik-jahat yang mengagumkan ditutup dengan konklusi yang menggetarkan. ( DATABASE FILM )


18.A BEAUTIFUL MIND
Ron Howard menyajikan sebuah kamuflase yang memikat dan didukung oleh olah acting yang prima dari duo Russel Crowe dan Paul Bettany. Awalnya saya percaya sekali dengan apa yang dialami oleh tokoh yang diperankan oleh Russel Crowe, tidak tahunya…


19.MATCH POINT
Saya belum nonton filmnya -_______________-‘


20.SCREAM 3
Jujur, saya kurang begitu menyukai bagian ketiga dari trilogy Scream ini. Terlalu banyak lelucon yang dihadirkan yang sangat mengurangi rasa tegang ketika menontonnya. Namun tidak bisa dipungklri, kehadiran film ini membuat jelas sejarah aksi terror pria bertopeng dengan pisau yang siap menghunjam setiap tubuh yang dirasa menghalangi aksi balas dendamnya. Ternyata…Hollywood-lah penjahatnya.
Thriller cerdas yang menegangkan sekaligus sulit menebak pelakunya. ( DATABASE FILM )

1 comments:

jalangfilm mengatakan...

komentar untuk nomor 19 kocak! LOL

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST