THE RIVER WILD



Siapa sih yang berani mempertanyakan kualitas acting dari Meryl Streep. Tiga Piala Oscar dari 17 kali nominasi, 8 Golden Globes  dari 27 kali nominasi, 2 Emmy serta pernah mendapatkan penghargaan di Cannes menunjukkan bahwa beliau selalu konsisten memberikan penampilan yang terbaik. Tak heran Jennifer Lawrence di Golden Globes kemaren mengungkapkan kegembiraannya berhasil mengalahkan Meryl Streep, dalam konteks candaan tentu saja. Mengamati daftar film yang pernah melibatkan Meryl Streep, saya dibuat sadar kalau Meryl Streep sangat jarang bermain dalam film bergenre action. Fakta ini tentunya menimbulkan rasa penasaran bagaimana ya seandainya beliau bermain film laga? Bisa gahar ala – ala Angelina Jolie gak yah?
Di tahun 1994, Meryl Streep merilis The River Wild arahan Curtis Hanson. Dalam film tersebut Meryl Streep harus berjuang di tengah deras dan terjalnya aliran sungai demi keselamatan keluarganya, terutama anaknya, dari aksi jahat duo Kevin Bacon dan John C Reilly. The River Wild sekali lagi menunjukkan totalitas Meryl Streep dalam berakting. Kali ini dia harus mengasah ketrampilannya dalam berarung jeram. Berhasilkah? Sudah pasti Meryl Streep melakonkannya dengan sangat meyakinkan. Bahkan, ketika membaca proses pembuatannya, hampir di semua aksi arung jeram, Meryl Streep melakukannya tanpa peran pengganti. Dan patut di catat, The River Wild ini hadir ketika efek visual belum benar – benar mendominasi proses pembuatan film. Jadi, tidak hanya Meryl Streep yang dikuras secara fisik, namun juga semua pelakon.
The River Wild benar – benar mampu menantang Meryl Streep untuk berakting dengan potensi fisik yang dia miliki. Karakter yang dia perankan mencerminkan sosok ibu rumah tangga yang tidak hanya penuh kasih dan menyimpan kerapuhan di saat kondisi rumah tangganya terancam bubar, namun juga menunjukkan sisi tangguh, baik secara mental maupun secara fisik. Ketangguhan Meryl Streep ini menjadi penyeimbang bagi kelihaian Kevin Bacon dalam memerankan tokoh antagonis. Meryl Streep tidak hanya harus menaklukkan ganasnya jeram, namun juga harus menghadapi keganasan sang criminal yang siap melakukan apa saja demi mencapai misinya.
The River Wild mungkin bukan sebuah film aksi dengan kadar hardcore, namun lewat film ini Meryl Streep mampu membuktikan kalau dia siap dan mampu bermain hampir di semua genre. Secara keseluruhan, The River Wild adalah sebuah tontonan yang mengasyikkan, Jarang – jarang kan film yang mengangkat aksi arung jeram. View yang ditampilkan terasa menyegarkan mata, sekaligus mendebarkan hati. Medan yang sulit tampaknya menjadi tantangan tersendiri, tak hanya bagi karakter – karakter yang hadir dilayar, namun juga bagi mereka yang terlibat dalam proses produksinya. Saya membayangkan, film semacam ini pasti akan sangat mengasyikkan di bikin di era 3D seperti sekarang ini. Semoga nantinya ada yah.


3 comments:

Nugros C mengatakan...

saya nonton ini suatu dini hari buta tak sengaja di transtipi setaun lalu,
film yg amat beda dgn yg pernah Tante Mer maenin sebelumnya...seru--bisa ditonton sama keluarga-dan cukup menegangkan seperempat akhirnya tuh yg mau lewat jera yg berbahaya ^^

and hey, dimana sih Joseph Mazello sekarang? terakhir liat dia nongol sebentar di The Social Network ...

Fariz Razi mengatakan...

Wahaha sama kayak kk nugros di atas, saya pun gak sengaja nntn film ini di stasiun yg sama dan jam yg sama pula jgn2 hari nya juga sama haha tapi blm sampe abis sih nontonnyaa..

Soeby mengatakan...

Filmnya seru deh pokokya. Ayo ditonton lagi :)
Iya yah...Joseph Mazello kemana, padahal dulu sempat diramalkan bakal bagus karirnya

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST