CIRCLES / KRUGOVI


Film yang mengangkat konflik antara Serbia dan Bosnia tidaklah sebanyak film yang mengangkat konflik antara Israel dan Palestina. Namun, setiap konflik pastinya menghadirkan kisah yang menarik buat dituturkan. Circles garapan Srdan Golubovic ini mencoba mengangkat konflik terpendam antara pihak – pihak yang pernah bertemu dan berseteru pada masa konflik Serbia dan Bosnia. Lewat Circles ini dapat kita lihat kalau setiap konflik senantiasa menghadirkan luka yang terkadang butuh waktu buat menyembuhkannya.
Circles menghadirkan beberapa tokoh yang hidupnya dimasa kini begitu dihantui dengan konflik yang terjadi di masa lalu. Konflik yang menghadirkan amarah, dendam dan ketakutan. Namun sampai kapan konflik itu akan terus menjadi hantu di kehidupan masa sekarang? Hanya mereka – mereka sendiri yang mampu menyembuhkannya.


Dengan kisah yang sebenarnya tidaklah terlalu istimewa, menjadi tantangan tersendiri buat Srdan Golubovic yang bekerja sama dengan Melina Pota Koljevic dan Srdan Koljevic di barisan penulis, supaya film ini menjadi sebuah tontonan yang memikat. Trik para kreator untuk menyimpan rapat apa yang sebenarnya terjadi di masa lampau efektif membuat penonton menyimak hingga akhir. Tanpa trik ini, Circles akan menjelma menjadi sebuah tontonan yang ….bagus, tapi kurang mengesankan. Circles ini menjadi wakil Serbia buat Oscar 2014 nanti.

3 comments:

A Irawan mengatakan...

"Film yang mengangkat konflik antara Serbia dan Bosnia tidaklah sebanyak film yang mengangkat konflik antara Israel dan Palestina."
lah koq saya malah seringnya nemu film-film tentang konflik Balkan dibandingkan konflik Israel-Palestina ya? tahunya cuma satu, Paradise Now. ada referensi yang lain?
jangan yang bikinan hollywood ya, banyak biasnya hehehe...

sigit mengatakan...

ketemu om iwan disini. om, secara pribadi aku salut sama karya2nya khususnya dlm nerjemahin film. bahasanya jelas mudah dimengerti padahal nerjemahin film2 berat.:)
ada 1 yang lumayan menarik om, When Pigs Have Wings.

Soeby mengatakan...

@irawan : Coba ditonton Lemon Tree, The Attack, The Other Son. Untuk sementara itu yang nyangkut di kepala :)

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST