JUDUL – JUDUL AJAIB PART 2

Terus terang ya, lama – lama memilih judul – judul ajaib ini makin tidak lucu saja. Gak enak banget bacanya. Tapi karena sudah janji, terpaksa tetap saya teruskan. Selamat menikmati ;)

DJAKARTA BUKAN HOLLYWOOD
Setan juga tau

DJAKARTA – HONGKONG – MACAU
Jalur penerbangan atau jalur perdagangan narkoba?

KABUT UNGU DI BIBIR PANTAI
Warna ungu memang terlihat netral di era ketika warna kuning begitu dominan. Kalau kabutnya berwarna merah atau hijau, pasti dilarang edar.

KAMI BANGUN HARI ESOK (1963)
Alhamdulillah....tidak bablas mati.

KARATE SABUK HITAM
Pamer *cibir*

KASUS KEGAGALAN CINTA
Korupsi belum banyak yang terekspos, jadinya kegagalan cinta menjadi sebuah kasus yang pantas untuk diungkap. Apalagi kalau artis. Hotman Paris laris manis.

KEKASIHKU IBUMU
Y Tu Mama Tambien

KE KOTA
Ngapain?! Kota sudah terlalu padat. Di desa saja mengembangkan potensi yang ada *pemuda idealis*

KELAINAN CINTA (1983)
Bawa segera ke dokter cinta. Tuty Wasiat, Erna Santoso dan Laila Sari hadir di film ini.

KELUARGA SINTING (1975)
Semua sinting. Yang nulis postingan ini juga sinting. Film Komedi ini dibintangi S Bagio dan Aminah Cendrakasih.

KEPINGIN SIH KEPINGIN
Tapi?

KOBOI SUTRA UNGU
Brokeback Mountain versi lokal? Sudah sutra, ungu lagi!

KORBAN FITNAH
Bikin hati bernanah

KOSONG – KOSONG TIGA BELAS
Kode area atau kode mata – mata nih? Film yang bertujuan memparodikan James Bond ini menghadirkan Mang Udel, Aminah Cendrakasih dan Wolly Sutinah.

KUDA – KUDA BINAL dan LAKI – LAKI BINAL
Dua judul ini membuat saya membayangkan pria macho tapi genit dan pecicilan. Kontradiktif.

KONSEPSI AJAH (1957)
Film tentang penyuluhan KB? Eh..itu kan kontrasepsi. Ternyata Konsepsi Ajah ini berkisah seputar perebutan warisan.

LAMPU MERAH
Kisah wisata syahwat, kisah anak jalanan, kisah penjual asongan atau kisah Polantas nakal?

LANGGANAN
Koran? Majalah? Tv kabel? Sayur? Bakso? Cewek? Cowok? Salon? GAK JELAS.

LENYAPNYA DENDAM SI BUTA
Alhamdulillah…yang ikhlas ya Bro.

LIBURAN SENIMAN
Judul ajaib ini ternyata karya dari Usmar Ismail dan dibintangi bintang – bintang beken seperti Sukarno M. Noor, Fenty Effendi, Mieke Wijaya dan Rachmat Hidayat.

LIMA PULUH MEGATON
Semburan lumpur Lapindo? Judul yang terkesan ilmiah ini ternyata berkisah seputar cinta dan jodoh.

LINTAR, KETIKA MUSIM DUREN TIBA
Kepala Lintar hancur ketimpuk duren? Gory abis!!!

LUKA TIGA KALI
Luka luka luka yang kurasakan *Bagindaz mode on*

MAIN – MAIN JADI SUNGGUHAN
Membayangkan, dua anak kecil yang terlalu menjiwai permainan rumah – rumahan.

MANA YANG BENAR
Gak tau. Gak peduli. Tanya Tuhan saja.

MANUSIA DAN PERISTIWA
Tak ada manusia, tetap ada peristiwa (alam)

MASA TOPAN DAN BADAI
Ngungsi yuuuk....gara – gara global warming nih

MATAHARI HAMPIR TERBENAM
Saatnya ayam masuk kandang

MATINYA SEORANG BIDADARI
BOHONG!!! Bidadari kok ”seorang”

MAUT MENJELANG MAGHRIB
Ya Allah, biarkan hamba – Mu ini sholat terlebih dahulu.

MAYAT CEMBURU
Mayat bisa pacaran ya? Fatal Attraction versi kuburan?

MEKAR DIGUNCANG PRAHARA
Multi tafsir nih. Kisah pendewasaan setelah musibah atau kisah mesum Mbak Sekar yang ”diguncang” Mas Prahara?

MELINDAS KARANG KAPUR
Pake sepatu supaya kaki tidak putih bekisik.

MAMBAKAR MATAHARI
Bombastis banget sih judulnya. Mbok yang bersahaja saja.

MENANTI KELAHIRAN
Bisa sih jadi film yang bagus dan sarat ketegangan, tapi judulnya harus segamblang ini ya?

MENENTANG NAFSU
Udah deh Mas, terima saja kalau kita dikaruniai nafsu. Tak perlulah melakukan aksi yang berlebihan. Lampiaskan dengan bertanggung jawab *bijak*

MENUMPAS PETUALANGAN CINTA
Percuma lah kalau si petualangnya gak ditumpas.

MERINTIS DJALAN KE SURGA
Ikuuuuut.....

MERTUA SINTING
Kurang ajar banget sih bikin judulnya. Sinting loe!

MODAL DENGKUL KAYA RAYA
Hebat, bisa kaya hanya dengan merangkak.

NANTI KAPAN – KAPAN SAYANG
Gak mau. Pengennya sekarang! Pokoknya sekarang! Sekarang! Sekarang! *baca dengan olah tubuh ala Nunung Srimulat*

NAPAS PEREMPUAN dan NERAKA PEREMPUAN
Ni judul udah gak enak, gender banget lagi.

OMBAKNYA LAUT MABUKNYA CINTA
Eh? *bingung*

OPERASI HANSIP 13
Buruan dibuat remakenya. OPERASI SATPOL PP 13

PACAR SEORANG PERJAKA
Kok tau masih perjaka? Gimana ngetesnya?

PAHIT – PAHIT MANIS
Jamu?

PANTAI BAHAGIA
Terbayang nudist beach ;p

PEREMPUAN TANPA DOSA
Tidak mungkin!!!

PERMAINAN BULAN DESEMBER
Gak diajak? Tenang....masih ada 11 bulan yang tersisa.

PETIR SEPANDJANG MALAM
Jenis film yang akan membuat telinga kamu rusak.

RAMBUT KERITING
Di rebounding dong jeung, terus di smoothing. Jangan lupa pake hair mask biar gak kering ya jeung *tips dari si jari ngetril*

RANJANG SIANG RANJANG MALAM
Yang menggoyang beda orang ;p

RANJANG TAK BERTUAN
Mari kita kudeta!

REMAJA DI LAMPU MERAH
Pak Polisi, tolong bantu mereka menyeberang.

REMAJA PULANG PAGI
Gak salah dong. Kan gak boleh pulang malem – malem sama mama papa.

RINTIHAN GADIS BUTA
Kesandung

SAMA GILANYA
Gak ah...dia lebih gila dari pada saya

SANGAT LAKI – LAKI
Mmmmm .... saya belum paham apanya yang sangat laki – laki.

SAPUTANGAN
Penuh ingus

SATU MALAM DUA CINTA
Sundal

SELAMAT BERDJUANG, MASKU!
Ku kan menunggumu hingga tiga kali puasa tiga kali lebaran, Mas.

SENJATA RAHASIA NONA
Sumpah....saya penasaran! *pikiran mengembara*

SENTUHAN RUMPUT YANG BERGOYANG
Ini kisah seorang penggembala sapi yang jatuh cinta dengan sapinya ya? Geli ah....

SEPASANG IBLIS BETINA
Sudah iblis, lesbong lagi!!! Seru.....!

SEPASANG MATA MAUT
Hebat, Indonesia ternyata pernah bikin spin off nya X – Men. Eh....ini kisah tentang Cyclops kan?!

SUMPAH SI PAHIT LIDAH
Mbok ya istighfar, udah lidahnya gak enak, nyumpah – nyumpah lagi.

TANTE GARANG
Tumben tidak GIRANG

TENANG MENANTI
Semedi jeung? Ada lalat di jidat anda tuh.

TIADA WAKTU BICARA
Emang mulutnya buat ngapain? Dimasukin ..... *please, jangan berpikiran kotor ya*

TIGA CEWEK INDIAN
Kayak kita gak kaya suku saja, sampai harus impor suku dari luar.

TRAGEDI TANTE SEX
Tragedi yang aneh

TUJUH WANITA DALAM TUGAS RAHASIA
Seven Samurai versi Indonesia. Versi cewek lagi ;)

TUYUL PEREMPUAN
Tuyul pun mengenal emansipasi. Jarang kan tuyul berjenis kelamin perempuan dijadikan lakon. Err..emangnya ada ya tuyul perempuan?

WADAM
Tolong diganti judulnya ya kalo mau diedarkan jaman sekarang. Bisa – bisa ada ormas yang protes.

YANG JATUH KE KAKI LELAKI?
Apanya yang jatuh nih? Bandulnya?

SEKAMAR SEPENDERITAAN
Pindah napa?

SEJUTA SERAT SUTRA
Film fiksi atau soal budi daya ulat sutra nih?

SIAPA MENABUR BENCI AKAN MENUAI BENCANA
Judul film atau kata mutiara?

SENAPAS TIGA CINTA
Hebat dong. Ada yang bernapas puluhan tahun juga belum dapet – dapet ;p

SEMUA KARENA GINAH
Ya gak mungkinlah. Bisa jadi karena pemanasan global kan. Emang siapa Ginah itu. Gak genah nih.

SEJAK CINTA DICIPTAKAN
Kapan?! Kapan?!

SEMANGAT JANTAN
Semangat kok mandang jenis kelamin

SEPIRING NASI
Eh?!

Pernahkan kamu membayangkan profesi – profesi di bawah ini menjadi sebuah judul film?
PENDJUAL KORAN
MANAGER HOTEL
NOTARIS SULAMI
PEGAWAI TINGGI
DIREKTRIS MUDA
SARITEM PENJUAL JAMU


Sineas Indonesia tampaknya paling jago kalau disuruh membuat film yang mengeksploitasi penderitaan.
RATAPAN DAN RINTIHAN (ini soal kemiskinan tiada tara atau soal korban perkosaan?)
RATAPAN SI MISKIN (kalau meratap terus, kapan bisa kaya?)
SEBATANG KARA (bukanlah sebatang pohon)
ANAK YANG MENDERITA (wajib kita bantu)
TABAH SAMPAI AKHIR (hebat ... hebat...)
NASIB SI MISKIN (yang selalu miskin)
MELARAT TAPI SEHAT (syukurlah tidak terkena kena gizi buruk)
JANGAN BIARKAN MEREKA LAPAR (ya, jangan biarkan mereka lapar)
LAGI – LAGI KRISIS (hutang terus sih)

Bukan suatu keanehan ketika judul film mencomot sebuah nama. Namun, bagaimana dengan nama-nama dibawah ini? Cukup menjualkah?
MARTINI
KARMINEM
KARTINAH
Dr. SAMSI
AMALIA, SH
TANTE SUN
TANTE SUNDARI
PAUL SONTOLOYO
YUYUN PASIEN RUMAH SAKIT JIWA


Film Indonesia jaman dulu sepertinya sering digunakan oleh pemerintah sebagai sarana sosialisasi program. Judulnya mantap – mantap.
DESA YANG DILUPAKAN
AKU DAN MASJARAKAT
DEWI DAN PEMILIHAN UMUM
BELENGGU MASJARAKAT
Dr. SITI PERTIWI KEMBALI KE DESA
KEMBALI KE MASJARAKAT


Tidak dipungkiri kalau beberapa judul film produksi dalam negeri, terinspirasi oleh judul film Holly. Beberapa judul di bawah ini saya pilih dengan dasar ”sok tahu”
2 X 24 JAM (kayaknya terinspirasi sama 48 HOURS yang dibintangi Eddie Murphy, hanya saja dipecah jadi dua hehehe...)
TAKSI JUGA (penggunaan kata ”JUGA” sepertinya terinspirasi dengan sekuel yang kadang menggunakan kata ”TOO” . Tapi tetap saja aneh kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Taksi Juga?!)
SI BONEKA KAYU, PINOKIO (sudah jelas dong comot dari mana?)
SAMSON DAN DELILAH (sudah pada tahu juga asalnya dari mana)
ROMI DAN JULI (apalagi yang inI
BONI DAN NANCY ( Bonnie and Clyde + Sid and Nancy = BONI DAN NANCY.Sungguh, kita bamgsa yang kreatif *bangga*)
MENCARI MADONNA (versi Indonesia dari Desperately Seeking Susan yang dibintangi Madonna? Super kreatif! *sinis*)
MANUSIA ENAM JUTA DOLAR (bebas menerjemahkan judul seri kondang The Six Million Dollar Man)
SOPIR TAKSI (eh....TAXI DRIVER?! Ampuni hambaMu Tuhan *jeduk-jedukin jidat*)

Kalau judul – judul dibawah ini pernah dipakai seblumnya, namun menurut saya masih cukup menjual untuk dijadikan judul film rilisan sekarang.
BULAN DIATAS KUBURAN (bisa dipakai buat film makhluk jadi – jadian ala Indonesia atau kisah bangkitnya mayat tiap bulan purnama)
CINCIN BERDARAH (bisa dijadikan judul untuk film Nayato selanjutnya. Tentu saja kisahnya seputar cinta segi tiga, perselingkuhan dan lelaki mata keranjang)
CIUMAN BERACUN (KK Dheeraj bisa menggunakan judul ini untuk film horor yang dipenuhi cipokan ;p)
TAPAK - TAPAK BERDARAH dan LANTAI BERDARAH (bagus nih buat judul film yang penuh kengerian nan berdarah – darah)
TAMU TENGAH MALAM (Bisa kisah perampok atau kisah penyusup psycho.Kuntil dan pocong? Boleh...)
SETAN KREDIT (seru nih kalau dibuatin film. Adakah yang lebih mengerikan dan menyebalkan dibandingkan dengan debt colector yang jadi setan?)
SIULAN RAHASIA (kisah spionase ala Indonesia atau kode perselingkuhan yang seru)
LUKISAN BERLUMUR DARAH (Lukisan yang menyimpan dendam. Bisa jadi kisah yang menyeramkan nih)
RATU AMPLOP (kiprah Srikandi yang banyak menjembatani proyek – proyek penting, sehingga ketika terbongkar menghadirkan kehebohan luar biasa)

3 comments:

kanizoo mengatakan...

menunggu part 3
*mau menyiksa mas suby*
Peace :D :D :D

terima kasih atas hiburannya.. kami sbg pembaca sangat menghargainya.. kalo bisa ngasih 1000 like, dikasih nih.. :))

hakimicture mengatakan...

Yang Part dua ini lebih variatif soalnya ada pembahasan bahasa serapan (maksudnya comot entah dari film=film hollywood mana), hehehe

Anonim mengatakan...

NGAKAk GULING-GULING GW.....

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST