NOWHERE BOY


Hidup kita rasanya tidak bisa dipisahkan dari orang – orang dewasa yang pernah dekat mengelilingi kita. Suka tidak suka, keberadaan mereka mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan pribadi kita. Bahkan, ketidakhadiran mereka pun punya pengaruh yang tidak kecil pada hidup seseorang. Contohnya, anak –anak yang ditinggalkan ayah ibu mereka. Dengan alasan demi kebaikan kita, kadang mereka melakukan hal – hal yang mungkin tidak kita sukai dan membuat kita depresi. Apa yang mereka berikan belum tentu yang kita mau. Tapi, apa yang kita mau, belum tentu baik bagi kita. Pada akhirnya, segalanya hanya bisa dibuktikan oeh waktu.
Nowhere Boy mengambil kisah John Lennon (Aaron Johnson) sebelum The Beatles terbentuk. Masa dimana dia dibuat frustasi karena dibingungkan oleh dua pilihan. Antara ibunya (Anne-Marie Duff) dan bibinya (Kristin Scott Thomas). John Lennon yang merasa terbuang, berusaha mencari posisi yang pas atas dirinya. Belum lagi trauma masa kecil yang terus membayangi dirinya. Rasa frustasi inilah yang mendorong John untuk bermain musik, selain terinspirasi oleh Elvis Presley. Meski terjepit diantara perseteruan ibu dan bibinya, tak dipungkiri dua sosok perempuan tersebut punya peran besar pada berkembangnya musikalitas dari John. Ibunya boleh menjadi orang pertama yang memperkenalkannya dengan rock & roll dan mengajarinya bermain alat musik, namun sang bibi lah yang pertama membelikan dia alat musik. Butuh proses bagi John untuk bisa berdamai dengan posisinya dan kembali berdamainya ibu dan bibinya.


Meski mengangkat kisah orang kondang, Nowhere Boy bagi saya cukup memberikan keunikan dengan fokus pada kisah sebelum orang tersebut meraih popularitas. Jarang saya mendapatkan film dengan pendekatan seperti ini. Kebanyakan film tentang orang kondang menyoroti perjalanan karir mulai dari perjuangan, keberhasilan, kejatuhan dan usahanya untuk bangkit kembali. Saya bukanlah seorang penggemar berat The Beatles maupun John Lennon, namun Nowhere Boy mampu memberikan sedikit pencerahan akan bagaimana cikal bakal terbentuknya The Beatles. Meski secuil, film ini juga menghadirkan sedikit sejarah terbentuknya The Beatles dengan menghadirkan Paul McCartney dan George Harrison muda. Terlihat kalau Paul McCartney menjadi sahabat sekaligus pesaing bagi John Lennon. Kesamaan nasib diantara keduanya mampu mendekatkan mereka. Agak – agak bromance gitu.
Nowhere Boy adalah sebuah film yang menyenangkan. Penceritaan yang lincah ditopang dengan balutan musik asyik dan gambar – gambar yang cukup nyaman di mata. Namun tak ada yang lebih menyenangkan dari melihat penampilan para bintang muda dengan potensi akting yang mantap. Aaron Johnson mampu memegang tugas peran utama dengan baik. Tak ada kesan canggung darinya ketika harus berhadapan dengan bintang matang macam Anne-Marie Duff dan Kristin Scott Thomas. Ikatan antara Aaron Johnson dengan dua perempuan dewasa tersebut terjalin dengan bagus. Dan menyenangkan juga melihat aksi panggungnya bersama Thomas Brodie Sangster. Keduanya terlihat meyakinkan, apalagi Thomas Brodie Sangster. Masih ingat dengan bocah kecil yang jatuh cinta di Love Actually? Dialah Thomas Brodie Sangster yang dalam Nowhere Boy berperan sebagai Paul McCartney muda. Untuk Aaaron Johnson, kalau bernasib baik, karirnya masih akan panjang. Apalagi ditunjang dengan kemampuannya bernyanyi yang lumaya. Dalam Nowhere Boy dia juga menyumbangkan suaranya lho.


Hidup kita sangat dipengaruhi orang – orang dewasa yang pernah dekat mengelilingi kita, begitupun dengan John Lennon. Butuh waktu lama bagi John Lennon untuk bisa berdamai dengan perasaan terbuangnya. Yang namanya seniman, hal yang tidak mengenakkan bisa menjadi inspirasi sebuah karya yang bisa jadi merupakan salah satu bentuk terapi penyembuhan jiwa. Lewat lagu ”Mother” yang menjadi lagu penutup di film Nowhere Boy, John Lennon mengungkapkan perasaannya. Sedih banget liriknya.


Mother, you had me but I never had you,
I wanted you but you didn't want me,
So I got to tell you,
Goodbye, goodbye.
Farther, you left me but I never left you,
I needed you but you didn't need me,
So I got to tell you,
Goodbye, goodbye.
Children, don't do what I have done,
I couldn't walk and I tried to run,
So I got to tell you,
Goodbye, goodbye.
Mama don't go,
Daddy come home.
Mama don't go,
Daddy come home.
Mama don't go,
Daddy come home.
Mama don't go,



8 comments:

Movietard mengatakan...

awwww, aku nyari film ini udah lama banget tapi belum ketemu, bagus yaaa ternyata
kayaknya harus download nih, entry pointnya Aaron Johnson buat dikenal sebagai promising british actor ya...and bikin dia juga kenal dan pacaranya sama si sutradaranya :P

yusahrizal mengatakan...

Diposting pada tanggal 9 Oktober yang notabene hari ulang tahun John Lennon. Suatu kesengajaan? :D
Selamat ulang tahun John, jika kau hidup umurmu tahun ini mencapai 70 tahun.

curhatsinema mengatakan...

@movietard : Oooo...pacarnya sutradara film ini tho? bagus sih menurutku filmnya, meski gak istimewa. Aaron Johnson memang pantas dicermati perkembangannya nanti.

@yusahrizal : iya Bang, sengaja dipas-pasin. Gak mau ketinggalan momen dong ;)

iin mengatakan...

wah baru tau deh aku ada film ini, susah ga sih om dvd nya? pengen ntn...
tapi ada bbrp film versi lain dr john lennon sih yg aku juga penasaran selain ini, yangdia mau ditembak itu (lupa judulnya)

Movietard mengatakan...

Om, kayaknya uda tahu kisah download nowhere boy ku yang failed ya? akhirnya donlot Angus, Thong and perfect snogging loh, dan ih, aaronnya cute *ini komen gak penting ya*

curhatsinema mengatakan...

@Movietard : iya, gak penting :D

Movietard mengatakan...

lol..eh tapi kyknya uda bilang, part2 nya uda dapet sooo bisa diputer dong Nowhere boynya, sayang belum sempet nonton *lagi2 gak penting*

Anonim mengatakan...

dvd uda ada kan??????????? mauuuuuuuuuuuu

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST