10 FILM PALING MENGECEWAKAN DI TAHUN 2010


Tahun 2010 segera berakhir. Saatnya sibuk melakukan kilas balik dan memilahnya menjadi beberapa daftar, diantaranya film – film yang berhasil mengesankan saya, film – film menyenangkan yang mungkin akan saya tonton lebih dari satu kali serta film – film yang bagi saya mengecewakan. Kali ini saya sajikan terlebih dahulu 10 Film Paling Mengecewakan Saya di Tahun 2010. Indikasinya gampang, film – film yang masuk adalah, film yang ketika menontonnya membuat saya gelisah dan sibuk melihat jam. Membuat kaki ini tak sabar meninggalkan ruangan atau membuat tangan saya gatal memencet tombol Fast Forward. Faktor lain yang membuat saya kecewa akan sebuah film adalah munculnya rasa sebal dan muak terhadap kisah yang dihadirkan. Kegagalan nama-nama besar dalam menghadirkan sebuah tontonan yang memikat, juga menjadi salah satu faktor yang membuat sebuah film jatuh mengecewakan.
Nampaknya perlu ditekankan berkali – kali, kalau daftar semacam ini, yang dikeluarkan oleh BUKAN SEORANG KRITIKUS FILM, sifatnya sangatlah subyektif. Sebuah daftar yang personal. Jadi, kalau tidak setuju, jangan mencak – mencak ya. Akan sangat berterima kasih kalau yang tidak setuju itu, justru memberi gambaran positif yang mampu memancing aksi saling bagi ide serta membangkitkan minat (saya) untuk melakukan sebuah peninjauan ulang.



10. ALICE IN WONDERLAND
Sutradara : Tim Burton
Pemain : Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway
Rilis : 5 Maret 2010
Budget : $150 juta - $200 juta
Gross revenue : $1,024,299,722
CS-Gasm : 35 %


Cukup kecewa dengan film ini, meski saya tidak akan memungkiri kalau Tim Burton masih berhasil memanjakan mata saya dengan sajian visual yang gelap namun indah, ganjil namun cantik. Sayang, naskahnya gagal mengikat emosi. Datar.


9. GROWN UPS
Sutradara : Dennis Dugan
Pemain : Adam Sandler, Kevin James, Chris Rock, David Spade, Rob Schneider
Rilis : 25 Juni 2010
Budget : $80 juta
Gross revenue : $270,019,587
CS-Gasm : 33 %


Meski cukup berhasil menyajikan beberapa kelucuan, namun film ini gagal memanfaatkan potensi yang ada. Film ini mengumpulkan para pelawak namun filmnya kok kriuk-kriuk. Para pelakon yang hadir sepertinya beraksi tanpa dibekali naskah. Hanya sekedar sekumpulan para pria berumur yang berkumpul, tanpa letupan konflik yang berarti. Kriuk...kriuk....


8. THE LAST AIRBENDER
Sutradara : M. Night Shyamalan
Pemain : Noah Ringer, Nicola Peltz, Jackson Rathbone, Dev Patel
Rilis : 1 Juli 2010
Budget : $150 juta
Gross revenue : $318,502,923
CS – Gasm : 28 %


Trailernya cukup menarik, tapi filmnya datar-datar saja. Efek Visualnya juga tidak terlalu wah kalau dilihat dari besarnya dana yang dikucurkan. Akting para pemerannya tidak asyik dilihat. Dev Patel tampil mengerikan di mata saya.


7. THE BOUNTY HUNTER
Sutradara : Andy Tennant
Pemain : Jennifer Aniston, Gerard Butler
Rilis : 19 Maret 2010
Budget : $40 juta
Gross revenue : $136,314,761[2]
CS-Gasm : 27 %


Maunya sih memadukan aksi dengan roman. Hasilnya? Tidak asyik dan serba tanggung. Pesona ragawi dua bintang utamanya gagal menyelamatkan film ini dengan ikatan yang tidak meyakinkan.


6. SEX AND THE CITY 2
Sutradara : Michael Patrick King
Bintang : Sarah Jessica Parker, Kim Cattrall, Kristin Davis, Cynthia Nixon
Rilis : 27 Mei 2010
Budget : $100 juta
Gross revenue : $288,347,692
CS-Gasm : 25 %


Pada paruh awal, saya sangat menikmati dan berempati dengan problem rumah tangga yang menghinggapi 3 perempuan paruh baya nan gaya. Potensi kisah yang menarik rusak berantakan ketika empat sekawan itu menginjak tanah Arab. Sudah salah kostum, perilaku mereka tidak mencerminkan tingkat kecerdasan dan terkesan norak. Dalam durasi panjang, kita disuguhi kisah yang tidak jelas juntrungnya. Ingin rasanya menyeret tokoh yang diperankan Kim Cattral dengan unta di sepanjang gurun pasir. Biar tahu rasa!


5. THE BACK – UP PLAN
Sutradara : Alan Poul
Pemain : Jennifer Lopez, Alex O'Loughlin, Noureen DeWulf, Melissa McCarthy
Rilis : 23 April 2010
Budget : $35 juta
Gross revenue : $77,237,270
CS-Gasm : 24 %


Sebuah proyek kembalinya Jennifer Lopez yang mengecewakan, meski dia tidak tampil buruk – buruk amat. Humor-humornya tidak lucu, bahkan malah bikin muak. Kisah cintanya terjalin tidak dengan apik. Karakterisasi tokohnya jauh dari meyakinkan hingga gagal membuat penonton untuk bersimpati.


4. PERCY JACKSON & THE OLYMPIANS : THE LIGHTING THIEF
Sutradara : Chris Columbus
Bintang : Logan Lerman, Brandon T. Jackson, Sean Bean, Pierce Brosnan, Steve Coogan, Rosario Dawson, Catherine Keener, Uma Thurman, Ray Winstone
Rilis : 12 Februari 2010
Budget : $95 million
Gross revenue : $226,441,832
CS-Gasm : 23 %


Sebuah tontonan yang rasanya tidak perlulah dibuat. Sudah ceritanya mengingatkan pada Harry Potter, efek visualnya pun sangatlah tidak istimewa. Belum lagi jajaran cast yang tampil kurang padu. Chris Columbus seakan kehilangan kemampuannya dalam menghadirkan sebuah film yang menghibur. Yang paling menyedihkan adalah, ikut sertanya Catherine Keener ikut bagian dalam film yang jauh dari mengesankan ini.


3. WHY DID I GET MARRIED TOO?
Sutradara : Tyler Perry
Pemain : Janet Jackson, Tyler Perry, Tasha Smith, Jill Scott, Louis Gossett, Jr., Malik Yoba, Michael Jai White
Rilis : 2 April 2010
Budget : $20 juta
Gross revenue : $60,095,852
CS-Gasm : 22 %


Entah apa yang ada di benak saya ketika memutuskan nonton film ini. Padahal, saya tidak menyukai bagian pertamanya, Why Did I Get Married? Kali ini Tyler Perry kembali membawa segerombolan pasangan yang saling sibuk membuat masalah. Konfliknya terlalu dibuat-buat. Selain jajaran cast yang tampil kurang memikat, eksekusi yang dipilih oleh Tyler Perry sungguh menyebalkan.


2. WHEN IN ROME
Sutradara : Mark Steven Johnson
Bintang : Kristen Bell, Josh Duhamel, Will Arnett, Jon Heder, Dax Shepard, Danny DeVito, Anjelica Huston
Rilis : 29 Januari 2010
Gross revenue : $42,350,792
CS-Gasm : 20 %


Rom com yang gagal total. Naskah yang buruk makin diperparah dengan chemistry yang kering dari dua bintang utamanya. Konyol!


1. VALENTINE’S DAY
Sutradara : Garry Marshall
Bintang : Julia Roberts, Jessica Alba, Jessica Biel, Kathy Bates, Bradley Cooper, Eric Dane, Patrick Dempsey, Hector Elizondo, Jamie Foxx, Jennifer Garner, Topher Grace, Taylor Swift, Anne Hathaway, Ashton Kutcher, Queen Latifah, Taylor Lautner, George Lopez, Shirley MacLaine, Emma Roberts
Rilis : 12 Februari 2010
Budget : $52 million
Gross revenue : $213,009,598
CS – Gasm : 19 %


Inilah film paling mengecewakan sepanjang tahun 2010. Dengan barisan cast yang melimpah dan diarahkan oleh sutradara kondang, Valentine’s Day benar-benar bermodalkan naskah yang tidak asyik sama sekali. Konfliknya sangatlah tidak penting dan malah memperburuk pandangan orang akan Hari Valentine. Karakterisasinya bukannya membuat terpikat malah membuat hati sebal. Susah sekali untuk terikat dengan film ini seperti yang sukses dihadirkan oleh Love Actually misalnya. Tidak perlulah membandingkannya dengan Cinta Setaman. Bahkan, beberapa FTV lokal hasilnya justru jauh lebih bagus ketimbang film ini. IMO

4 comments:

Cinetariz mengatakan...

Wah mengejutkan sekali The Last Airbender cuma nongkrong di #8, padahal film itu bikin saya mual ga ketulungan. Kok ga ada Vampires Suck, om subi? belum nonton atau gimana nih? Ya, Valentine's Day memang menyebalkan tapi VS berjuta juta kali lebih mampu membuat saya teler haha

Movfreak mengatakan...

Alice in Wonderlan sama The Last Airbender buatku yang paling bikin KECEWA WA WA WA!!!

curhatsinema mengatakan...

@Tariz : Maafkan saya, karena Vampire Suck lumayan menghibur saya :D

@Movfreak : aw...aw...aw...

sigilahoror mengatakan...

setuju sama om suby, Vampir Suck juga menurut saya cukup menghibur walau cuma di awalnya saja... kebelakangnya malah bikin bosan

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST