10 FILM PALING MENYENANGKAN DI TAHUN 2010


Film menyenangkan bagi saya adalah film yang menghadirkan hiburan tanpa harus membuat hati dan kepala saya sakit. Film menyenangkan adalah film yang kemungkinan besar akan saya tonton lagi ketika pikiran dan hati sedang kusut. Tahun ini lumayan banyaklah film – film yang bagi saya cukup menyenangkan. Marmaduke hampir masuk ke dalam daftar. Film yang mungkin tidak disukai banyak orang ini bagi saya merupakan Mean Girls versi anjing. Lucu lho filmnya. The Other Guys juga sempat dipertimbangkan masuk ke dalam daftar. Film yang dipenuhi adegan dan dialog yang tak terduga ini membuat saya tertawa hampir di sepanjang durasi. Mark Wahlberg kocak banget dan terlihat nyaman dengan perannya. The Other Guys mengingatkan pada Hot Fuzz, namun dimata saya, Hot Fuzz satu tingkat lebih gila. Jangan rajam saya kalau ternyata Vampire Suck bagi saya cukup menghibur. Filmnya tidak bagus, tapi lucu juga kok. Otak saya yang ringan mampu menerima film ini dengan cukup baik. Dan ternyata Clash of The Titans cukup menghibur. Filmnya lucu nan ganjil.
Dan inilah 10 film paling menyenangkan di tahun 2010 versi saya :



10. DIARY OF A WIMPY KID
Sutradara : Thor Freudenthal
Pemain : Zachary Gordon, Robert Capron, Rachael Harris, Steve Zahn, Chloë Moretz
Rilis : 19 Maret 2010
Budget : $15 juta
Gross revenue : $64,704,292
Followed by Diary of Wimpy Kid 2: Rodrick Rules


Filmnya lucu dan tema persahabatannya cukup mengena. Para pemain yang masih belia, bermain cukup lepas. Diary of Wimpy Kid 2: Rodrick Rules rasanya patut ditunggu.


9. HOT TUB TIME MACHINE
Sutradara : Steve Pink
Pemain : John Cusack, Rob Corddry, Craig Robinson, Clark Duke, Chevy Chase, Collette Wolfe, Crispin Glover, Lizzy Caplan
Rilis : 26 Maret 2010
Budget : $36 juta
Gross revenue : $61,336,869


The Hangover versi tua yang sejenak menggiring kita bernostalgia ke era 1980-an. Kisahnya lucu dan mengalir lancar, dengan beberapa selipan kejutan. Kolaborasi yang apik dari para pemerannya membuat film ini tidak jatuh membosankan. Jenis film yang asyik disaksikan bersama teman – teman lama nantinya.


8. THE LOSERS
Sutradara : Sylvain White
Pemain : Jeffrey Dean Morgan, Zoe Saldana, Chris Evans, Idris Elba, Columbus Short, Jason Patric
Rilis : 23 April 2010
Budget : $25 Juta
Gross revenue : $29,369,932


Sayang sekali film ini tidak terdengar gaungnya. Padahal, dimata saya film ini setingkat lebih seru ketimbang The A – Team yang bermodalkan dana jauh lebih besar. Film ini benar – benar dibuat untuk menghibur, dengan banyak menyajikan adegan aksi yang dikemas super cepat dan terkesan komikal. Beberapa selipan humor cukup mampu memancing senyum. Dan saya sukaaaa dengan aksi Zoe Saldana dalam film ini. Aksinya di atas kontainer dengan senjata berat susah untuk dilupakan. Angelina Jolie patut waspada.


7. SOUL KITCHEN
Sutradara : Fatih Akin
Pemain : Adam Bousdoukos, Birol Ünel, Moritz Bleibtreu, Anna Bederke


Naskahnya sih sebenarnya tidaklah bagus-bagus amat, mengingat ada beberapa eksekusi yang seakan menggunakan jalan pintas. Namun dengan penggarapan yang apik, film ini sangat mudah untuk disukai. Beberapa lelucon yang dihadirkan baik lewat dialog, maupun lewat polah tingkah tokohnya mampu mengundang suasana segar. Jarang sekali kisah persaudaraan antar lelaki dikemas semanis ini. Saya terkejut dengan Moritz Bleibtreu yang terlihat menikmati bermain dalam film komedi.


6. BANGKOK TRAFFIC LOVE STORY
Sutradara : Adisorn Tresirikasem
Pemain : Sirin Horwang, Theeradej Wongpuapan
Rilis : 15 Oktober 2009
Gross revenue : 140 juta Baht


Ditengah sepinya rom com yang apik dari Holly, Negeri Gajah Putih menghadirkan Bangkok Traffiv Love Story yang manis, ringan dan menghibur serta menghadirkan chemistry yang kuat antara dua pemain utamanya. Filmnya juga lucu. Baru beberapa menit berjalan, film ini sukses membuat saya tertawa dan terpikat dengan karakter yang dihadirkan. Beberapa hal yang tidak berbeda jauh dengan kultur di Indonesia, membuat film ini dapat dengan mudah melekat di hati saya.


5. PIRANHA
Sutradara : Alexandre Aja
Pemain : Elisabeth Shue, Adam Scott, Jerry O'Connell, Ving Rhames, Jessica Szohr, Dina Meyer
Rilis : 20 Agustus 2010
Budget : $24 juta
Gross revenue : $76,452,911 juta


Piranha itu tak berbeda dengan Snakes on A Plane. Jenis film yang ditujukan menghadirkan kengerian yang menghibur lewat keganasan hewan jelek rupa. Saya suka film model beginian. Alexandre Aja tampaknya tahu banget dengan apa yang disukai oleh penonton pecinta film model begini, yang pada kenyataanya sangat banyak jumlahnya, dengan menampilkan adegan demi adegan berdarah-darah tanpa basa - basi . Dibalik keganasan piranha, Aja menyelipkan guyonan nakal sebagai katalis. Terkesan bodoh, tapi fun. Eksploitasi bagian atas cewek adalah bonus yang bisa menyebalkan, namun bisa juga sangat menyenangkan. Tergantung. Yang menggantung.


4. SCOTT PILGRIM VS. THE WORLD
Sutradara : Edgar Wright
Pemain : Michael Cera, Mary Elizabeth Winstead, Kieran Culkin, Ellen Wong, Alison Pill, Anna Kendrick, Chris Evans, Brandon Routh, Mae Whitman, Jason Schwartzman
Rilis : 13 Agustus 2010
Budget : $85–90 juta, $60 juta setelah tax rebates
Gross revenue : $46,436,426


Film ini makin mengukuhkan kecintaan saya pada Edgar Wright. Dia benar – benar tahu bagaimana menghadirkan sebuah tontonan yang menghibur. Meski ceritanya tidaklah sempurna dan cenderung melakukan pengulangan demi pengulangan, namun gempuran visual layaknya video game, sesuatu yang jarang atau bahkan belum pernah saya saksikan, mampu memuaskan indera penglihatan saya. Dan seperti biasa, Edgar Wright sukses membuat penonton tertawa dengan selipan humor-humornya.


3. HOW TO TRAIN YOUR DRAGON
Sutradara : Chris Sanders, Dean DeBlois
Pengisi Suara : Jay Baruchel, America Ferrera, Gerard Butler, Christopher Mintz-Plasse, Jonah Hill
Rilis : 26 Maret 2010
Budget : $165 juta
Gross revenue : $493,188,691


Saya sudah mengantisipasi film ini sebelum filmnya rilis. Dan ternyata ekspektasi saya terbayar dengan baik. How To Train Your Dragon sangat menyenangkan dan memberi inspirasi bagaimana mengubah sebuah kelemahan menjadi kekuatan. Hambatan menjadi peluang. Persahabatan Hiccup dengan si naga sangat menyentuh.


2. EASY A
Sutradara : Will Gluck
Pemain : Emma Stone, Penn Badgley, Amanda Bynes, Thomas Haden Church, Patricia Clarkson, Cam Gigandet, Lisa Kudrow, Malcolm McDowell, Alyson Michalka, Stanley Tucci
Rilis : 17 September 2010
Budget : $8 juta
Gross revenue : $67,922,306


Easy A mampu menghilangkan kerinduan saya akan sebuah film remaja yang ringan namun berkualitas karena bermodalkan naskah yang cerdas. Dituturkan dengan centil, Easy A penuh gugatan terhadap stigma yang mempengaruhi hidup sesorang, terutama terhadap perilaku. Stigma yang seringkali berlandaskan pada sesuatu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Secara nyinyir film ini menegaskan, tak perlulah merecoki hidup orang lain atas nama moral. Easy A semakin istimewa karena terasa actual dengan menghadirkan bagaimana remaja sekarang berkomunikasi dan berekspresi yang ditopang dengan mudahnya akses terhadap media komunikasi dan ekspresi di dunia maya. Pada bagian ini, film ini lebih pantas diberi stigma “filmnya generasi kita” ketimbang The Social Network. Emma Stone pantas diacungi jempol berkat eksplorasi acting yang dia lakukan. Kalau dia mampu tampil secara konsisten dengan memilih film yang tepat, karirnya bakal makin gemilang. Dan seperti biasa, salah satu bintang muda favorit saya, Amanda Bynes, tampil tidak mengecewakan.


1. 3 IDIOTS
Sutradara : Rajkumar Hirani
Bintang : Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, Boman Irani, Omi Vaidya
Budget : Indian rupee35 crore (US$ 7.95 million)
Gross revenue : Indian rupee339 crore (US$ 76.95 million)


Salah satu film Bolly terbaik yang pernah aku tonton. Menghibur dan berisi. Menyelipkan pesan – pesan bagus dengan halus dan ringan. Ada tangis, ada tawa. Sebuah tontonan yang komplet. All is well deh.

2 comments:

Okki Sutanto mengatakan...

LIKE THIS!
Jadi ada inspirasi buat cari film. hehehe

Movfreak mengatakan...

Piranha 3D paling menghibur tuh, haha
Kombinasi boobs & bloods yg renyah

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST