EVERYBODY'S FINE, ONDINE & BABIES


EVERYBODY’S FINE
Ada rasa sesal menggelayut ketika saya selesai menonton film ini. Kenapa saya harus menunda selama 1 tahun untuk menonton film yang memikat hati ini? Mungkin bagi sebagian orang Everybody’s Fine bukanlah film yang benar-benar hebat dan cenderung menjual sesuatu yang sentimental. Jujur, saya meneteskan air mata ketika menonton film ini. Namun dalam pandangan saya Everybody’s Fine cukup bagus dalam memberi gambaran mengenai hubungan bapak dan anak. Apa yang disajikan di layar saya yakin banyak orang yang mengalaminya. Sebagai anak, kita pastinya ingat pernah merasa tertekan dengan berbagai tuntutan yang dibebankan oleh ayah kepada kita. Adakalanya kita mengutuk ayah kita akan apa yang dia lakukan terhadap hidup kita, namun ada kalanya kita mengakui kalau apa yang dilakukan oleh ayah itu ternyata memberikan sesuatu yang positif bagi hidup kita.


Everybody’s Fine akan lebih menggugah apabila kita tonton bersama orang tua kita, hingga kita bisa saling melihat dan saling memahami posisi masing – masing. Kalau sudah begitu, tidak perlu rasanya saling menyalahkan. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu melewati setiap rintangan bersama – sama demi sebuah pribadi dan kehidupan nyang lebih baik. Lewat film ini saya mencoba belajar, kalau misalnya nanti menjadi seorang ayah, akan menmpatkan anak sebagai manusia, yang mempunyai dinamika tersendiri. Dan sebagai seorang anak, kita bisa belajar untuk melihat sisi positif akan perlakuan orang tua kita.
Selain ceritanya yang menyentuh, saya juga dibuat terkjesan dengan penampilan Robert De Niro. Terbiasa melihat aksi Robert De Niro sebagai sosok yang mempunyai karisma dan kuasa, saya kagum dengan penampilan De Niro dalam film ini yang memancarkan kerapuhan dan kesendirian. Robert De Niro di mata saya berhasil menjelma menjadi sosok yang biasa – biasa saja. Dan rasanya Everybody’s Fine pantas juga kalau diberi judul The Kids Are Allright.


ONDINE
Saya tidak menyangka seorang Neil Jordan mampu menghasilkan sebuah kisah dongeng semanis Ondine ini. The Crying Game yang sangat mengesankan itu sebenarnya juga berbau dongeng juga ya, namun tidak semanis yang dihadirkan dalam Ondine. Neil Jordan berhasil membuat saya terbuai dengan racikan cerita yang mengaburkan mitos dan realita untuk kemudian ….bam! Neil Jordan membeberkan fakta yang membuat kita bangun dari dongeng yang membuai. Tapi untungnya Neil Jordan sedang berbaik hati terhadap penonton dengan memberikan akhir yang identik dengan ending sebuah fairy tale. Saya makin terbuai dengan dongeng yang dituturkan akibat syahdunya lagu – lagu yang dihadirkan. Dongeng Ondine sayangnya tidak bisa dinikmati oleh semua umur, karena adanya penampakan tersamar yang belum pantas dikonsumsi anak dibawah umur.


BABIES
Salah satu nilai plus plus dari film documenter adalah setelah menyaksikannya, kita pasti mendapat semacam pengetahuan baru. Makin kesini, penggiat film documenter semakin pintar dalam mernyajikan sebuah tontonan dokumentasi yang enak ditonton, sekaligus mengedukasi penontonnya. Tontonan sekaligus tuntunan. Lewat Babies, Thomas Balmes menghadirkan sebuah komparasi akan perkembangan bayi dari empat Negara dengan cukup menarik, hasil dari sebuah kesabaran pengamatan. Meski terkesan menyajikan sebuah perbandingan, kita tidak bisa menilai bayi dari Negara A, lebih baik ketimbang bayi dari Negara B. Pada kenyataannya, perkembangan bayi sangat dipengaruhi oleh social, ekonomi, budaya dan politik dimana bayi tersebut dilahirkan dan dibesarkan. Cara orang tua membesarkan bayi di Jepang belum tentu lebih baik ketimbang cara pengasuhan bayi di Namibia. Membesarkan bayi di Amerika ternyata juga tidak kalah berbahaya dengan bayi yang dibesarkan di tengah alam Mongolia. Kondisi geografis nyatanya juga sangat berpengaruh terhadap pola asuh. Masing – masing mempunyai cara dalam mempersiapkan sang buah hati dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
Babies makin membuat saya makin tidak sabar untuk mempunyai anak. Tolong doanya yaaaaa…..

1 comments:

Anonim mengatakan...

everybody's fine adlfilm yg sangat menyentuh....bagus bgt

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST