THE HUMAN CENTIPEDE, DAS EXPERIMENT & HIDDEN


THE HUMAN CENTIPEDE
Kamu butuh pemicu agar bisa cepat muntah? Rasanya The Human Centipede patut kamu pertimbangkan. Ceritanya mengalir ala horor konvensional, namun Tom Six berusaha membuat perbedaan dengan menghadirkan sesuatu yang menjijikkan. Memang tidak ditampilkan secara frontal, yang membuat saya bersyukur sekaligus kecewa, namun film ini sukses menghadirkan bayangan menjijikkan yang membuat perut saya bergolak hebat, tapi anehnya saya bertekad menonton yang seri kedua nantinya hehehehe.... Iyeeeeek.........



DAS EXPERIMENT
Saya menyaksikan lagi film ini untuk kedua kalinya setelah sebelumnya saya tonton sekitar 10 tahun yang lalu. Meski sudah pernah menonton film ini, ternyata saya masih bisa sangat menikmati kisah yang dihadirkan. Kisah dalam Das Experiment tampaknya memang aktual sampai kapanpun, mengingat film ini menyoroti sisi kelam manusia. Das Experiment menghadirkan kajian menarik seputar kekuasaan. Satu hal yang sangat erat kaitannya dengan ego manusia. Lewat Das Experiment kita bisa memahami bagaimana kekuasaan begitu membutakan. Kalau kekuasaan diberikan pada orang yang kurang tepat, akan sangat mengerikan dampaknya ketika orang tersebut menyalahgunakan kekuasaan yang dipercayakan, terutama untuk melemahkan mereka yang tidak tunduk pada kuasa. Makanya, hati – hati memberikan kuasa pada seseorang.



HIDDEN / SKJULT
Film ini dibuka dengan cukup menarik dan terlihat menjanjikan. Apalagi dengan setting hutan yang sangat mendukung suasana horror. Hanya saja potensi tersebut runtuh ketika sutradara selanjutnya malah sibuk menghadirkan teror demi teror tak jelas yang lazim ditemukan dalam film horror kebanyakan. Dengan peristiwa traumatis di masa lalu, kisah yang dihadirkan gagal membuat saya bersimpati dengan yang menjadi korban dalam film ini. Kalau saja terdapat interaksi antara dua korban yang ditukar itu, saya membayangkan kisahnya bisa mengerikan sekaligus menghibakan. Untungnya kebosanan dan kekecewaan yang melanda saya sedikit terbayar dengan ending yang cukup membuat iba.

2 comments:

guest mengatakan...

coba nnton Vomit Gore trilogy. dijamin jauh lebih menjijikkan dri pda The Human Centipede :D

Soeby mengatakan...

Waduh...dari judulnya saja sudah horor begitu. Pikir - pikir deh :D

 

BLOG LIST

BLOG LIST

BLOG LIST